ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN BISNIS DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA UMKM KIFA BAKERY
BUSINESS MODEL CANVAS


Abstract
Objektif. UMKM Kifa Bakery merupakan industry rumahan yang bergerak dibidan pengolahan pangan. Salah satu produk yang dipasarkan adalah aneka jenis roti. Target pemasaran UMKM Kifa Bakery yang berfokus pada roti ekonomis pada acara hajatan yang dijalankan dengan sistem pre order, namun dengan adanya peraturan pemerintah dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat omset penjualan mengalami penurunan. Untuk mengetahui model bisnis UMKM Kifa Bakery menggunakan Business Model Canvas (BMC) melalui pengujian SWOT dan untuk mendapatkan strategi yang sesuai.
Material and Metode. Secara umum Business Model Canvas dikembangkan dngan mempertimbangkan 9 blok utama (costumer segment, value propostion, channel, costomer relationship, revenue stream, key resourcess, key activiies, key patnership, dan cost strukture) yang terangkum dalam 1 lembar kanvas, untuk kemudian dilakukan analisis SWOT dalam rangka menyusun factor-faktor strategis UMKM Kifa Bakery.
Hasil. Hasil penelitian Business Model Canvas ini menunjukan penerapan strategi baru pada elemen costomer relationship ditambahkan diskon 5% untuk cake hidangan yang berlaku saat weakend sebagai dasar melakukan analisis kualitatif yang menghasilkan strategi agresif yang harus dikembangkan.
Kesimpulan. UMKM Kifa Bakery harus memformulakasikan kembali secara lebih fokus terhadap costomer segment yang didukung dengan penciptaan value propostion, diperkuat costomer relationship dan channel. Berdasarkan analisis SWOT UMKM Kifa Bakery disarankan untuk melakukan strategi progresif dengan menmanfaatkan kekuatan internal UMKM untuk mendapatkan keuntungan dari peluang eksternal. Artinya dalam situasi covid-19 saat ini UMKM harus terus berjalan atau tidak berhenti. Temuan ini adalah BMC dapat digunakan untuk mendiskripsikan strategi hasil analisis SWOT.
Downloads
References
Ermaya, Sir Kalifatullah, and Nana Darna. 2019. “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk).” Business Management and Entrepreneurship Journal 1(3):207–10.
Harfiani, Rizka, and Munawir Pasaribu. 2019. “Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran PAUD).” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan 1(1):200–208.
Haripatworo, Lucia, and Bernadeta Irmawati. 2020. “Analisis Bussiness Model Canvas Pt. Dhenara Prima Mandiri.” 4–11.
Hartatik, ., and Teguh Baroto. 2017. “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas.” Jurnal Teknik Industri 18(2):113. doi: 10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120.
Purwantoro, Purwantoro. 2019. “Evaluasi Pengembangan Umkm Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Busines Model Canvas.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 4(2):165–74. doi: 10.29407/nusamba.v4i2.12977.
Suhery, Et. 2020. “Jurnal Inovasi Penelitian.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):1–4.
Wardhanie, Ayouvi Poerna, and Deasy Kumalawati. 2018. “Analisis Business Model Canvas Pada Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi.” Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 14(2):124. doi: 10.22146/bip.32247.
Widharta, W. .., and S. Sugiharto. 2013. “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai.” Dictionary of Marketing Communications 2(1):1–15. doi: 10.4135/9781452229669.n3693.
Wisnubroto, Petrus, and Joao Mario Freitas. 2013. “Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method.” Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method 1(1):161–68.
Copyright (c) 2022 haris arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License