ANALISIS K3 MENGGUNAKAN 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU DAN SHITSUKE) DI AREA PENGGILINGAN TEBU PT MADUKISMO

  • Aji Santoso Santoso Program Studi Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ari Zaqi AL-Faritsy Program Studi Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta
Abstract views: 61 , PDF downloads: 102
Keywords: Kata kunci: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Metode 5S, Kecelakaan Kerja

Abstract

Faktor yang menjadi potensi terjadinya kecelakaan kerja di PT Madu Baru PG. Madukismo ialah bahwa pada area penggiling produksi belum menerapkan 5S secara keseluruhan seperti banyaknya barang yang belum tersusun dengan rapi, area kerja yang kotor dan kurangnya perhatian terhadap alat pelindung diri (APD).

Usulan penerapan program 5S yang diterapkan pada setiap area penggilingan produksi yang berada di PT. Madu Baru dengan penerapan yang pertama yaitu dengan melakukan seiri atau pemilahan item pada setiap area kerja sehingga barang-barang yang tidak diperlukan disingkirkan dari area kerja. Penerapan yang kedua yaitu seiton atau penataan dilakukan agar peralatan yang disimpan terlihat lebih rapi agar menghindari potensi kecelakaan kerja terpleset benda yang brantakan. Usulan penerapan yang ketiga ialah seiso atau pembersihan, pembersihan yang diusulkan dengan memberikan tanggung jawab pada setiap operator memiliki tanggung jawab pada setiap area kerjanya sehingga area kerja terlihat bersih dan nyaman ketika melakukan pekerjaan. Penerapan selanjutnya yaitu seiketsu dengan pemberian label warna, batas pada benda, pembuatan Standard Operational Procedure (SOP) dan memberikan pemeriksaan secara harian bagi owner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anizar. (2009). Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta: Penerbit Graha ilmu

Barker, A. 2016. Work environment analysis and occupational health and safety programs using the 5s method. International journal Of Industrial Engineering, Vol. 36, No. 3.

Devani, V & Fitra, A. (2016). Analisis Penerapan Konsep 5S di Bagian Proses Maintenance. Jurnal Teknik Industri, 112-118.
Halim, L. 2015. Perencanaan 5S Bagian Produksi dan Bagian Maintenance PT Harapan Widyatama Pertiwy. Jurnal teknik Industri, Vol. 3, No. 1.

Meri, M., & Wijaya, H. (2016). Analisa Penerapan 5S di WAREHOUSE Studi Kasus WAREHOUSE Proyek Indarung VI PT. Semen Padang. Jurnal Teknologi Vo. 6, No. 1, Juni 2016,, 64-73.
Mokharkar, M. Sahu & Achal Shahare. 2016. Implementation of 5S & Kaizen in ABC Industry. International Journal for Scientific Research & Development, Vol. 4, Issue 11, ISSN (online): 2321-0613.

Nugraha, A. S., Desrianty, A., & Irianti, L. (2015). Usulan Perbaikan Berdasarkan.
Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 219-229.
Published
2023-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Santoso, A. S., & AL-Faritsy, A. Z. (2023). ANALISIS K3 MENGGUNAKAN 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU DAN SHITSUKE) DI AREA PENGGILINGAN TEBU PT MADUKISMO. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 4(1), 68 - 81. https://doi.org/10.46510/jami.v4i1.130
Section
Articles