SEGMENTASI CITRA PENYAKIT DAUN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN K-MEANS DAN OTSU

  • Muhammad Muhibbul UNP Kediri
Abstract views: 42 , PDF downloads: 43
Keywords: Pengolahan Citra, Daun Tanaman Bawang merah, Segmentasi Berbasis K-Means, Segmentasi Otsu

Abstract

Objektif.  Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penyakit daun merupakan salah satu faktor yang menurunkan kualitas daun bawang merah. Kemajuan teknologi informasi di bidang pengolahan citra digital telah memungkinkan untuk identifikasi pada daun bawang secara otomatis.

Material and Metode.  Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka yang dilakukan dengan mengacu pada berbagai sumber literatur yang diperoleh dari Science Direct dan Google Scholar. Penelusuran literatur dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang relevan, seperti citra, digital, segmentasi, inovasi, dan multimedia. Setelah melalui proses skrining berdasarkan judul, abstrak, dan isi teks secara keseluruhan, ditemukan sejumlah 9 jurnal yang relevan dengan topik yang diteliti.

Hasil.  Metode K-Means dan Otsu terbukti efektif dalam segmentasi citra digital daun bawang merah. Evaluasi menggunakan MSE dan PSNR dengan metode Otsu menghasilkan hasil di atas rata-rata, menunjukkan tingkat akurasi segmentasi yang baik.

Kesimpulan.  Terdapat potensi untuk mengembangkan sistem ini dalam platform berbasis lain yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldo, D. (2020). Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 9(2), 85–93. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i2.2884
Andika, T. H., & Anisa, N. S. (n.d.). Sistem Identifikasi Citra Daun Berbasis Segmentasi Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering. 9–17.
Eskicioglu, A.M., dan Fisher, P.S. 1995. Image Quality Measures and TheirPerformance. IEEE Transactions on Communications. Vol.43,No.12:2959-2965.
Hakim, L., Kristanto, S. P., Shodiq, M. N., Yusuf, D., Setiawan, W. A., Informatika, T., Banyuwangi, N., Raya, J., & Km, J. (2020). Segmentasi Citra Penyakit Pada Batang Buah Naga Menggunakan Metode Ruang Warna L*a*B*. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6 ISAS Publishing Series: Engineering and Science, 6(1), 728–736.
Hamdani, M., Sarjana, P., Studi, P., & Elektro, T. (2017). Pengamanan Pengiriman Citra Terkompresi menggunakan Metode Modulasi Direct Sequence Spread Spectrum ( DS-SS ). XIX(2), 48–59.
Nugrahini, T. (2013). Respon Tanaman Bawang Merah (Allium Ascolonicum L. ) Varietas Tuk Tuk Terhadap Pengaturan Jarak Tanam Dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair Nasa. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 36(1), hal.60-65.
Prasetyo, E. (2011). Pengolahan Citra digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tri Utami, A. (2017). Implementasi Metode Otsu Thresholding untuk Segmentasi Citra Daun. Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tumpang, S., Melalui, S., Bokashi, P., & Kambing, K. (n.d.). Takim Mulyanto adalah Staf Pengajar Fakultas Pertania Unmer Ponorogo 70. 70–86.
Published
2023-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Muhibbul, M. (2023). SEGMENTASI CITRA PENYAKIT DAUN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN K-MEANS DAN OTSU. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 4(1), 13 - 17. https://doi.org/10.46510/jami.v4i1.141
Section
Articles