Implementasi Prinsip Animasi Straight Ahead Action pada Karakter Hewan Berbasis Animasi 2D

  • Andang Wijanarko Universitas Bengkulu
Abstract views: 1220 , PDF downloads: 602
Keywords: Animasi, Straight, Ahead Action, 2D

Abstract

Abstrak

Objective. Rangkaian gerak animasi diwujudkan kedalam karakter-karakter animasi yang biasa dijumpai dalam bentuk apapun. Seorang animator harus memahami prinsip-prinsip dasar dan teknik-teknik tertentu dalam proses animasi sehingga karakter animasi yang dihasilkan memiliki kualitas gerak yang indah dan menarik. Penelitian ini membahas tentang salah satu metode atau  prinsip animasi straight ahead action untuk menciptakan gerakan animasi hewan yang detail dan halus. Gerakan yang telah ditentukan untuk karakter hewan antara lain gerakan melompat, berlari, dan gerakan kepala dengan menggunakan karakter hewan kelinci.

Materials and Methods. Metode straight ahead action digunakan untuk membuat dan menciptakan gerakan animasi dengan  cara menggambar satu per satu (frame by frame) dari awal sampai akhir adegan oleh seorang animator. Perancangan animasi terdiri dari tiga tahap mulai dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi, serta menggunakan aplikasi Adobe Animate CC 2018 untuk pembuatan objek animasi 2D. 

Results. Penelitian ini berhasil menerapkan gerakan animasi hewan dengan gerakan melompat, berlari dan menggerakkan kepala dengan menggunakan prinsip animasi straight ahead action dengan hasil animasi yang detail dan halus.

Conclusion. Penelitian ini menghasilkan video animasi karakter hewan berbasis animasi 2D dengan kualitas gerakan animasi yang detail dan halus karena menerapkan prinsip animasi straight ahead action untuk seluruh proses animating-nya.

Abstrak

Objective. Animated movements are manifested into animated characters that are usually found in any form. An animator must understand the basic principles and certain techniques in the animating process so that the animated characters produce beautiful and interesting motion qualities. This research discusses the implementation of the principle of straight ahead action animation to create detailed and smooth animation movements.

Materials and Methods. The straight ahead action method is used to make animated movements by drawing one by one (frame by frame) from the beginning to the end of the scene by an animator. The discussion of the method is carried out by implementing the movements of animals running, jumping, and moving the head, also using Adobe Animate CC 2018 for creating 2D animated objects. The design of animation consists of three stages starting from pre-production, production, and post-production.

Results. This research succeeded in applying animal animation with jumping, running and moving the head using the principle of straight ahead action animation with detailed and smooth animation results.


Conclusion.
This research produces an animated video character of 2D-based animal animation with a detailed and smooth motion animation quality because it applies the principle of straight ahead action animation for the entire animating process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernadhed, Affandi, Y., Satia Nuryanto, N., Mahendra, E., & Eka Setiawan, S. (2019). Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku’ Shalat. Jurnal Teknologi Informasi, XIV(1), 12–16.

Brooks, S. (2016). Tradigital Animate CC : 12 Principless of Animation in Adobe Animate. CRC Press.

Dignitya Indraswari, E. (2012.). Kiat Belajar Sistem Gerak Karakter Animasi. Jurnal Humaniora, 3(2), 549-557.

Firmansyah, A., & Kurniawan, M. P. (2013). Pembuatan Film Animasi 2D menggunakan Metode Frame by Frame Berjudul Kancil dan Siput. Jurnal Ilmiah DASI, 14(04), 10–13.

Lasseter, J. (1987). Principles of Traditional Animation Applied to 3D Computer Animation. Journal Computer Graphics, 21(4), 35–44.

Purwanto, I. H., Qodarsih, L., Majid, F. H., & Syamrahmarini, K. A. (2019). Implementasi Pose to Pose Pada Simulasi Gerak Panda Berjalan Dengan Teknik Frame by Frame. Jurnal Expolre STMIK Mataram, 9(1), 43–46.

Salmon, S. F., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. E-Journal Teknik Informatika, 12(1), 1–9.

Sari, D. (2012). Perencanaan Kebutuhan Pengguna Pada Produksi Film Animasi Tiga Dimensi Untuk Pengembangan Groupware. Jurnal IPTEK-KOM, 14(2), 133–150.

Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sumarli, C. O., & Kurnianto, A. (2018). Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa. Jurnal Desain, 5(4), 163–173.

Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. E-Journal Teknik Informatika, 9(1).

Published
2020-06-09

PlumX Metrics

How to Cite
Wijanarko, A. (2020). Implementasi Prinsip Animasi Straight Ahead Action pada Karakter Hewan Berbasis Animasi 2D. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 73-84. https://doi.org/10.46510/jami.v1i1.20
Section
Articles