Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Model UTAUT

  • Nadiyah Hidayati ARS University
  • Yudi Ramdhani ARS University
Abstract views: 2058 , PDF downloads: 1172
Keywords: Aplikasi Gojek, SPSS 22, UTAUT

Abstract

Abstrak

Objektif. Aplikasi Gojek merupakan aplikasi berbasis android yang menjadi pintu masuk bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang disediakan PT Gojek Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan aplikasi Gojek menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dengan 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi, dan niat perilaku. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden pengguna aplikasi Gojek  pada SMK MVP Ars Internasional.

Material and Metode. Model UTAUT digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerimaan aplikasi Gojek agar dapat diterima oleh masyarakat. Metode pengolahan data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang menggunakan software SPSS 22.

Hasil. Dari pengolahan data tersebut didapatkan hasil bahwa variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial dan kondisi-kondisi pemfasilitasi memiliki nilai korelasi sebesar 0,867 terhadap niat perilaku, artinya antara variabel independen dan dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang sangat kuat, nilai R Square (R2) sebesar 75,2% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain.

Kesimpulan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan, variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial, dan kondisi-kondisi pemfasilitasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat perilaku aplikasi Gojek. Sedangkan secara parsial, hanya variabel ekspektasi kinerja dan faktor sosial yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku aplikasi Gojek. Sedangkan variabel ekspektasi usaha dan kondisi-kondisi pemfasilitasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku dalam menggunakan aplikasi Gojek.

Abstrack

Objective. Gojek application is an android-based application that is the entrance for customers to get the services provided PT Gojek Indonesia. This study was conducted to analyze the factors that influence the acceptance of Gojek applications using the UTAU) method with 4 independent variables and 1 dependent variable namely Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, and Behavioral Intention. This research was conducted on 100 respondents of the Gojek application SMK MVP Ars International.

Materials and Methods. The UTAUT model is used to determine the level of success in accepting Gojek applications to be accepted by the community. The data processing method used is multiple linear regression using SPSS 22 software.

Results From the data processing, the results show that the variables of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions have a correlation value of 0,867 to behavioral intention, meaning between independent and dependent variables in this study has a strong relationship, the value of R Square (R2) of 75,2% while the rest is influenced by other variables.

Conclusion. Thus it can be concluded that simultaneously, the variable performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions positively and significantly affect the behavioral intention of Gojek applications. While partially, only the performance expectancy and social influence variables that have a positive and significant influence on the behavioral intention of Gojek application. While the effort expectancy and facilitating conditions variable does not have a positive and significant influence on Behavioral Intentionin using the Gojek application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arpan, Y., & Dewi, P. C. (2018). Analisa Brand Switching Pengguna Transportasi Online Gojek Dengan Metode Markov Chain Di Kota Bandar Lampung, 15.

Edo, M., Andilala, A., Bachtiar, F. A., & Saputra, M. C. (2018). Analisis Pengaruh Harga , Persepsi Ukuran , Persepsi Reputasi , Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online ( Studi Kasus : Go-Jek Indonesia ), 2(4), 1638–1647.

Farabi, N. A. (2016). Analisis Penerapan Sistem Informasi Zisw Dengan Menggunakan Metode Utaut, 1(2), 71–79.

Malau, Y. (2016). Penggunaan Aplikasi Transportasi Online ( Studi Kasus : Wilayah Jabodetabek ) Abstract : Smartphone Usage In Supporting Business Needs And Daily Activities Of The General Society , Making The Developers And Makers Of Software To Create User-Friendly Appli.

Mulyani, A. (2018). Analisis Penerimaan Dan Penggunaan Teknologi Aplikasi Ojek Online Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Technology, 25–30.

Pratama, A. H. (2015). Kilas Balik Perkembangan Ojek Online Di Indonesia Sepanjang 2015. Tech In Asia. Retrieved From https://id.techinasia.com/kilas- balik-ojek-online-2015

Putri, L. F. S., & Mahendra, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology ( Utaut ), 13(1), 136–144.

Raharjo, S. (2019). Distribusi Nilai Tabel Statistik. SPSS Indonesia. Retrieved from www.spssindonesia.com

Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas, 1(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-06-09

PlumX Metrics

How to Cite
Hidayati, N., & Ramdhani, Y. (2020). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Model UTAUT. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 85-95. https://doi.org/10.46510/jami.v1i1.22
Section
Articles