Analisis Hubungan Budaya Sekolah Terhadap Pembinaan Disiplin Siswa Menggunakan Metode Likert di SPSS (Studi Kasus di SMPN 4 Pariaman)

  • Novebri Novebri STAIN Mandailing Natal
Abstract views: 463 , PDF downloads: 282
Keywords: School Culture, Students Discipline

Abstract

Abstrak

Objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya sekolah terhadap pembinaan disiplin siswa di SMPN 4 Pariaman, yang meliputi: 1) Nilai, dan 2) kepercayaan, dimana disiplin siswa dapat dilihat dari 1) tata tertib, 2) keteladanan, 3) pemberian bimbingan, 4) pengendalian perilaku dan 5) pengawasan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di kelas VIII di SMPN 4 Pariaman yang berjumlah 111 orang. Sampel berjumlah 30 orang dimana diambil 25% dari populasi dengan menggunakan rumus dari Arikunto.

Material and Metode. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi, yang mengkaji hubungan antara budaya sekolah dengan disiplin siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, menggunakan skala Likert, validitas dan reliabilitasnya diuji dengan SPSS versi 20.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berhubungan dengan pembinaan disiplin siswa, dimana budaya sekolah sebesar 78,03% dan pembinaan disiplin siswa sebesar 24,47%.

Kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah berhubungan dengan pembinaan disiplin siswa di SMPN 4 Pariaman. Semakin baik budaya sekolah, maka semakin baik pula tingkat disiplin siswa.

Abstrack

Objective. This study aims to know the relationship school culture to the student's development discipline in Junior Hight School 4 in Pariaman City views of 1) values and 2) confidence, while the student's development discipline can be seen from 1) school regulation, 2) the perfection, 3) guidance giving, 4) control behaviors and 5) controlling. The study population was all students in the second grade at Junior High School 4 in Pariaman City, the number of 111 people. The number of samples is 30 people were taken 25 percent from the population by using the Arikunto technique.

Materials and Methods. This research is quantitative research, which examines the correlation between the school's culture to students' discipline. The data collection tool was a questionnaire with Likert Scale models that have proven validity and reliability with SPSS version 20.

Results. The results showed that the school culture relationship with students' development discipline in both categories with a score of school culture (78.03%) and student development discipline (24, 47%).

Conclusion. The school culture has a relationship with the student's development discipline in Junior Hight School 4 in Pariaman City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansar & Masaong. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Gorontalo: Sentra Media.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Busher, H. (2006). Understanding Educational Leadership People, Power And Culture. New York: Open University.

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangkan Budaya Sekolah. Jurnal TARBAWI. Volume 2. No. 02. Banten: Jurusan Manajemen Pendiidkan Islam FTK IAIN SMH Banten.

Mz, Ihsan. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam (pp. 1-11). Vol. 2, No. 1. Kalimantan Tengah, Indonesia: IAIN Palangkaraya.

Nopianti, Sandri, Alfiandra & El Faisal, E. (2018). Jurnal Bhinneka Tunggal Ika (pp. 174-181). Vol. 5, No. 2. Palembang, Indonesia: Universitas Sriwijaya.

Puteri, Punita, Syah, & Roesminingsih, Erny. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Sikap Disiplin Siswa SMP Negeri di Kecamatan Karang Pilang Surabaya. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Pramuji, Ratna, E, & Prasojo, Lantip, D. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Kabupaten Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (109-121). Vol. 1, No. 1. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, Yuliana, S. (2016). Korelasi Budaya Sekolah Dengan Kedisiplinan Siswa/Siswi Kelas V Di MI Ma’rif Polorejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, STAIN Ponorogo.

Sugiono, 2012. Metode Penelitian Adminstrasi. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-12-31

PlumX Metrics

How to Cite
Novebri, N. (2020). Analisis Hubungan Budaya Sekolah Terhadap Pembinaan Disiplin Siswa Menggunakan Metode Likert di SPSS (Studi Kasus di SMPN 4 Pariaman). JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(2), 116-125. https://doi.org/10.46510/jami.v1i2.26