Kinerja Pegawai, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi: Pengaruhnya terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kabupaten Gresik
Abstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kinerja Pegawai Dalam Memediasi Kualitas Pelayanan, Gaya Kepemimpinan, Serta Motivasi Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.
Material dan Metode. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Sampel penelitian ini sebanyak 150 masyarakat. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu SEM dengan alat Smart PLS.
Hasil. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah , Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan arah positif dan signifikan, Gaya kepemimpinan terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan kearah positif namun tidak signifikan, Motivasi terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan kearah positif dan signifikan.
Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan dan motivasi pegawai sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat di Desa Serah, sementara gaya kepemimpinan, meskipun berkontribusi secara positif, tidak sepenuhnya signifikan dalam konteks ini
Downloads
References
Aisah, S. N., & Wardani, R. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42–50.
Ali, K. (2018) Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Muhamadiyah Metro. Scientific Journal of FE -UMM. Vol. 12 No.2 : 8.
Anwar, Echdar, S., & Saripuddin. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja melalui motivasi pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Cendekia Akademika Indonesia, 1(1), 1–10. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai
Anisa, S. (2018) Pengaruh Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Helvetia. Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara : 15.
Chaniago, H. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas konsumen nano store analysis of service quality, products quality, and the price on nano store consumers’ loy. International Journal Administration, Business & Organization, 1(2), 59–69. https://www.researchgate.net/publication/349076606
Dewi, R. F., Nurhadi, M., Julianti, E., & Tjahjani Prawitowati. (2023). Peran mediasi motivasi kerja pada stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di kantor pemangkuan hutan. Publik : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 247–261.
Elizar et al.(2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol. 1. No. 1 :48 - 49.
Hidayati, Y., Aprianto, R., & Monika Jayanti, D. (2022). Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas layanansebagai variabel intervening di kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) Kota Lubuklinggau. Escaf, 579–593.
Juita, J., Sapar, S., & Salju, S. (2023). Meningkatkan kepuasan masyarakat di Mall Pelayanan Publik. Capital, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 383–399. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.14122
Malawat, R. M. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan pengalaman keja terhadap produktivitas karyawan di PT Surya Unggas Mandiri [UNIKOM Bandung]. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/6140/
Mayasari, A. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.181
Muhtarom, A., Syairozi, I. M., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis citra mereki, hargat, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian dimediasi minat beli. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47.
Muafi, M et al (2019) The Effect Of Servant Leadership, Organizational Culture In Employee Performance Mediated By Job Satisfaction (Study Case Of Al -Khafi Islamic Boarding School, Somalangun Kebumen). Proceedings on Engineering sciences.
Nina, R (2013) Manajemen Pelayanan Prima. PT.Graha Ilmu ,Yogyakarta : 28
Pally, Y. F. N., & Septyarini, E. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. Jebm, Jurnal Manajemen, 14(1), 140–147. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10796
Pramulaso, E. Y. (2020). Kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di unit pelayanan terpadu satu atap kementerian ketenagakerjaan. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(1), 68–74. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Putra, R. H., & Pasaribu, F. R. (2023). The influence of work motivation on employee job satisfaction at public health centers in Padang City. Menara Ilmu, 17(2), 243–255.
Rivaldo, Y et al (2020) Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Dimensi. Vol. 9 No. 3 : 506.
Rusakamto, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas website, citra instansi terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Administrasi Hukum Umum Cikini Jakarta (KEMENKUMHAM) [STEI Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/3208/
Simbolon, F. F. B. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di polsek Mardinding polres Tanah Karo [Universitas Quality Berastagi]. http://portaluqb.ac.id:808/165/
Sudarmanto, S. (2021). Analisis karakteristik personal, peran pimpinan dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia Kabupaten Pringsewu [Umpri]. http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/907/
Tangdiaga, Y. G., Chairunisa, F., & Lucita, G. (2021). The influence of service quality satisfaction in Biringkanaya district, Makassar city. Jurnal Administrasi Negara, 27(1), 92–109.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Wicaksono et al (2017) Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Public Departemen Biro Perjalanan anTour & Travel. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.6 No.3 : 1 -10.
Copyright (c) 2024 Rif'an, Abid, Sutinem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License