Kinerja Pegawai, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi: Pengaruhnya terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kabupaten Gresik

  • Rif'an Universitas Islam Lamongan
  • Abid Univesitas Islam Lamongan
  • Sutinem Universitas Islam Lamongan
Abstract views: 166 , PDF downloads: 120
Keywords: Kualitas Pelayanan, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, SEM – PLS

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kinerja Pegawai Dalam Memediasi Kualitas Pelayanan, Gaya Kepemimpinan, Serta Motivasi Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Material dan Metode. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Sampel penelitian ini sebanyak 150 masyarakat. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu SEM dengan alat Smart PLS.

Hasil. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah , Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan arah positif dan signifikan, Gaya kepemimpinan terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan kearah positif namun tidak signifikan, Motivasi terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menunjukkan kearah positif dan signifikan.

Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan dan motivasi pegawai sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat di Desa Serah, sementara gaya kepemimpinan, meskipun berkontribusi secara positif, tidak sepenuhnya signifikan dalam konteks ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. N. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan lingkungan kerja pada kinerja karyawan Pt Bank BCA Tbk Cabang Kalimalang Jakarta Timur [STEI Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/7476/
Aisah, S. N., & Wardani, R. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42–50.
Ali, K. (2018) Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Muhamadiyah Metro. Scientific Journal of FE -UMM. Vol. 12 No.2 : 8.
Anwar, Echdar, S., & Saripuddin. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja melalui motivasi pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Cendekia Akademika Indonesia, 1(1), 1–10. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai
Anisa, S. (2018) Pengaruh Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Helvetia. Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara : 15.
Chaniago, H. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas konsumen nano store analysis of service quality, products quality, and the price on nano store consumers’ loy. International Journal Administration, Business & Organization, 1(2), 59–69. https://www.researchgate.net/publication/349076606
Dewi, R. F., Nurhadi, M., Julianti, E., & Tjahjani Prawitowati. (2023). Peran mediasi motivasi kerja pada stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di kantor pemangkuan hutan. Publik : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 247–261.
Elizar et al.(2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol. 1. No. 1 :48 - 49.
Hidayati, Y., Aprianto, R., & Monika Jayanti, D. (2022). Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas layanansebagai variabel intervening di kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) Kota Lubuklinggau. Escaf, 579–593.
Juita, J., Sapar, S., & Salju, S. (2023). Meningkatkan kepuasan masyarakat di Mall Pelayanan Publik. Capital, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 383–399. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.14122
Malawat, R. M. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan pengalaman keja terhadap produktivitas karyawan di PT Surya Unggas Mandiri [UNIKOM Bandung]. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/6140/
Mayasari, A. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.181
Muhtarom, A., Syairozi, I. M., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis citra mereki, hargat, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian dimediasi minat beli. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47.
Muafi, M et al (2019) The Effect Of Servant Leadership, Organizational Culture In Employee Performance Mediated By Job Satisfaction (Study Case Of Al -Khafi Islamic Boarding School, Somalangun Kebumen). Proceedings on Engineering sciences.
Nina, R (2013) Manajemen Pelayanan Prima. PT.Graha Ilmu ,Yogyakarta : 28
Pally, Y. F. N., & Septyarini, E. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. Jebm, Jurnal Manajemen, 14(1), 140–147. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10796
Pramulaso, E. Y. (2020). Kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di unit pelayanan terpadu satu atap kementerian ketenagakerjaan. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(1), 68–74. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Putra, R. H., & Pasaribu, F. R. (2023). The influence of work motivation on employee job satisfaction at public health centers in Padang City. Menara Ilmu, 17(2), 243–255.
Rivaldo, Y et al (2020) Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Dimensi. Vol. 9 No. 3 : 506.
Rusakamto, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas website, citra instansi terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Administrasi Hukum Umum Cikini Jakarta (KEMENKUMHAM) [STEI Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/3208/
Simbolon, F. F. B. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di polsek Mardinding polres Tanah Karo [Universitas Quality Berastagi]. http://portaluqb.ac.id:808/165/
Sudarmanto, S. (2021). Analisis karakteristik personal, peran pimpinan dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia Kabupaten Pringsewu [Umpri]. http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/907/
Tangdiaga, Y. G., Chairunisa, F., & Lucita, G. (2021). The influence of service quality satisfaction in Biringkanaya district, Makassar city. Jurnal Administrasi Negara, 27(1), 92–109.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Wicaksono et al (2017) Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Public Departemen Biro Perjalanan anTour & Travel. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.6 No.3 : 1 -10.
Published
2024-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Rif’an, Abid, & Sutinem. (2024). Kinerja Pegawai, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi: Pengaruhnya terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Serah, Kabupaten Gresik. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 45 - 54. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.290
Section
Articles