The Food Trolley Simulator: Perancangan Video Game Sebagai Alat Training Virtual dan Pengenalan Pelayanan Servis Hotel

  • Ibnu Athaillah Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar
Abstract views: 136 , PDF downloads: 113
Keywords: Perancangan Permainan, Virtual Training, Simulator, Troli Makanan

Abstract

Tujuan. Pelayanan food trolley adalah pelayanan yang biasanya ditawarkan pada suatu hotel untuk pengunjung yang ingin memesan makanan dengan cara diantar ke kamarnya. Detail proses pelayanan ini tergolong rumit karena menggunakan aturan-aturan standar industri yang jarang dikenal masyarakat umum. Penulis ingin merancang sebuah video game yang dapat membantu pegawai food trolley dalam melatih kompetensinya pada pekerjaan tersebut. Terutama pada bagian dimana perabot-perabot dan makanan ditata secara rapi pada meja trolley. Selain itu, penulis ingin agar game yang akan dirancang dapat mengenalkan tentang dunia pelayanan food trolley pada masyarakat.

Material dan Metode. Dalam proses perancangan, penulis menggunakan model Design, Dynamics, Experience (DDE) framework. Model ini adalah model pengembangan yang iteratif, dimana setiap tahap akan diulang dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan sampai hasil akhir yang sesuai dengan yang diinginkan.

Hasil. Prototype yang telah dibuat, diuji berdasarkan studi kelayakan. Program dapat dipastikan berjalan pada komputer pada umumnya. Selain itu juga diuji apakah program memiliki manfaat yang sesuai dengan ide yang diusulkan. Namun yang paling penting adalah identitas program ini yang pada dasarnya adalah sebuah video game, maka harus memberikan hiburan bagi penggunanya.

Kesimpulan. Dari pengujian yang telah dilakukan, walaupun dengan jumlah respon yang terbatas, Game ini mampu memberikan pengetahuan baru mengenai pelayanan troli makan yang biasa dijumpai pada suatu hotel. Terutama pada bagian penataan perabot dan makanan pada meja troli. Rancangan game yang telah dibuat dapat mencapai tujuan yang telah dijelaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunasekaran, S., Palanivel Rajan, D., Chandu, R. K., Aswin Deepak, N., & Benadict, L. (2022, May). A realistic farming simulator inspired from agricultural style of India. In ICCCE 2021: Proceedings of the 4th International Conference on Communications and Cyber Physical Engineering (pp. 477-489). Singapore: Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-7985-8_48
Kaye, L. K. (2014). Football Manager as a persuasive game for social identity formation. In Cases on the Societal Effects of Persuasive Games (pp. 1-17). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-6206-3.ch001
Hirsch, P., Choukou, M.-A., & Bellavance, F. (2017). Transfer of Training in Basic Control Skills from Truck Simulator to Real Truck. Transportation Research Record, 2637(1), 67-73. https://doi.org/10.3141/2637-08
Yildirim, S. (2010, June). Serious game design for military training. In Games: Design and Research Conference, Volda University College (pp. 3-4).
GIANTS Software GmbH. (2024). Farming Simulator 25. https://www.farming-simulator.com
Sports Interactive. (2023). Football Manager 2024. SEGA Publishing Europe. https://www.footballmanager.com
SCS Software. (2012). Euro Truck Simulator 2. https://eurotrucksimulator2.com
Walk, W., Görlich, D., Barrett, M. (2017). Design, Dynamics, Experience (DDE): An Advancement of the MDA Framework for Game Design. In: Korn, O., Lee, N. (eds) Game Dynamics. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-53088-8_3
Högberg, Johan & Hamari, Juho & Wästlund, Erik. (2019). Gameful Experience Questionnaire (GAMEFULQUEST): an instrument for measuring the perceived gamefulness of system use. User Modeling and User-Adapted Interaction. 29. https://doi.org/10.1007/s11257-019-09223-w
Milam, D., and El Nasr, M. 2010. Design patterns to guide player movement in 3D games. In Proceedings of the 5th ACM SIGGRAPH Symposium on Video Games (Sandbox '10). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 37–42. https://doi.org/10.1145/1836135.1836141
P. Krompiec and K. Park, "Enhanced Player Interaction Using Motion Controllers for First-Person Shooting Games in Virtual Reality," in IEEE Access, vol. 7, pp. 124548-124557, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2937937
Atreya, S. (2022). The Evolution of Video Game Graphics and Their Impact on the Industry. NeuroQuantology (20)5. (pp. 5353-5362). https://doi.org/10.48047/nq.2022.20.5.nq22818
Published
2024-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Ibnu Athaillah. (2024). The Food Trolley Simulator: Perancangan Video Game Sebagai Alat Training Virtual dan Pengenalan Pelayanan Servis Hotel. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 61 - 68. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.302
Section
Articles