Insight Instagram Berdasarkan Jenis Postingan Instagram pada “@pateron.blitar”

  • Nadzarfi Adiama Ramadani AKN Putra Sang Fajar
  • Rani Arifah Normawati
Abstract views: 16 , PDF downloads: 6
Keywords: Instagram; Insight; Content; Social media marketing

Abstract

ABSTRAK

Tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui insight yang dihasilkan oleh setiap jenis postingan yang telah di-upload pada Instagram milik PT Pateron Edukasi Indonesia dengan username “pateron.blitar”. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan  tentang bagaimana jenis postingan berpengaruh dalam insight yang dihasilkan postingan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui insight yang dihasilkan oleh setiap jenis postingan instagram sehingga untuk perencanaan dalam menentukan jenis konten selanjutnya dapat dilakukan dengan efektif.

Material dan Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menyajikan hasil dan pembahasan dalam bentuk tabel dan teks naratif. Observasi dilakukan terhadap insight setiap postingan feed instagram @pateron.blitar dalam kurun waktu upload bulan Desember 2023 sampai bulan April 2024.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap jenis postingan menghasilkan insight yang berbeda-beda. Jenis postingan daily content soal memiliki insight postingan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis postingan yang lain.

Kesimpulan. Insight yang dihasilkan oleh setiap jenis postingan yang di-upload pada instagram “pateron.blitar” memiliki perbedaan. Jenis postingan feed instagram daily content soal memiliki insight yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis postingan yang lain.

Kata Kunci

Instagram; Insight; Konten; Social media marketing

ABSTRACT

Objective. The aim of this research is to find out the insights generated by each type of post that has been uploaded to PT Pateron Edukasi Indonesia's Instagram with the username "pateron.blitar". With this research, it is hoped that we can increase knowledge about how the type of post influences the insights generated by the post. Apart from that, this research also aims to find out the insights generated by each type of Instagram post so that planning in determining the next type of content can be carried out effectively.Materials and Methods. The method used in this research is a qualitative method which presents results and discussion in the form of tables and narrative text. Observations were made on the insights of each @pateron.blitar Instagram feed post in the upload period from December 2023 to April 2024.Results. The research results show that each type of post produces different insights. The daily content post type has high post insight when compared to other post types.Conclusion. The insights generated by each type of post uploaded to Instagram "pateron.blitar" are different. The daily content Instagram feed post type has high insight when compared to other post types.

 

Key Words

Instagram; Insight; Content; Social media marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Redman, P., & Maples, W. (2017, June 22). Good Essay Writing: A Social Sciences Guide.
Qatawneh, A. M. (2023). Requirements of AIS in building modern operating business environment. International Journal of Business Information Systems, 44(3), 422–441. https://doi.org/10.1504/ijbis.2023.134957
Serrano, Jamie. Why Online Shopping Is Tanking Your Mental Health. (2030, January 1). TIME. https://time.com/6910169/is-online-shopping-bad-for-you/
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Handayani, L. T. (2023). Buku Ajar Implementasi Teknik Analisis Data Kuantitatif (Penelitian Kesehatan). PT.Scifintech Andrew Wijaya. https://books.google.co.id/books?id=OYCyEAAAQBAJ
Judijanto, L., Karmagatri, M., MA, M. L., Sepriano, S., Pipin, S. J., Erwin, E., Indrayani, N., Nugraha, U., Lukmana, H. H., & Efitra, E. (2024). PENGEMBANGAN STARTUP DIGITAL : Referensi Sukses Memulai Bisnis Startup Digital Era Industri 4.0 dan Society 5.0. PT. Green Pustaka Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=z9DrEAAAQBAJ
Lawrence, A. (2023). Apa Itu Insight Instagram? Manfaat, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya. Makinrajin.Com. https://makinrajin.com/blog/insight-instagram/
Qolbi, A. A. (2021). Analisis Perbedaan Jenis Konten dan Hari Posting terhadap Online Engagement Media Sosial Instagram ( Healgo ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–18.
Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ
Tripusparini, E. (2023). Cara Melihat dan Membaca Insight Instagram. Mekari Qontak. https://qontak.com/blog/cara-membaca-data-instagram-insight/
Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, R., Yusup, M., Inderawati, R., & Muqoddam, F. (2022). RAGAM ANALISIS DATA PENELITIAN (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press. https://books.google.co.id/books?id=WpSdEAAAQBAJ
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387
Published
2024-12-31

PlumX Metrics

How to Cite
Nadzarfi Adiama Ramadani, & Rani Arifah Normawati. (2024). Insight Instagram Berdasarkan Jenis Postingan Instagram pada “@pateron.blitar”. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(2), 148 - 156. https://doi.org/10.46510/jami.v5i2.303