Perancangan User Inteface (UI) Pada Aplikasi Angkut Rosok Berbasis Mobile Menggunakan Figma pada TPS 3R Sidomakmur
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang antarmuka sebuah aplikasi angkut rosok berbasis mobile menggunakan aplikasi editing secara online Figma. Fokus dari penelitian ini yaitu perancangan suatu desain User Interface (UI) aplikasi penjadwalan pengambilan rosok online pada TPS 3R Sidomakmur, karena perancangan UI yang baik serta intuituif sangat penting dalam pengembangan aplikasi. Metode prototype diadopsi pada penelitian ini untuk menghasilkan UI angkut rosok yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan secara efektif dan efisien. Proses perancangan aplikasi ini melibatkan tahapan-tahapan analisa kebutuhan, desain cepat, bangun prototype, evaluasi pengguna awal, perbaikan prototype, implementasi dan pemeliharaan yang berkelanjutan.
Pada tahapan analisa kebutuhan pengguna, data dikumpulkan melalui interkasi dan komunikasi antara klien dengan pengembang guna mengakomodasi detail sistem yang dibutuhkan oleh pengguna. Hasil dari komunikasi ini selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk perancanngan desain awal dari UI. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, fitur yang penting diantaranya jual rosok, daftar rosok, harga rosok, riwayat pesanan, status pesanan, penarikan saldo, serta detail pesanan dan rute pengambilan diprioritaskan dalam perancangan desain UI pada aplikasi ini. Setelah rancangan awal selesai, berikutnya prototype UI dengan menggunakan platform desain UI online. Kemudian prototype yang sudah jadi dievaluasi melalui pengujian dengan melibatkan pihak pengguna. Kemudian umpan balik yang didapat dari pengguna digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan dan finalisasi pada UI. Pengulangan ini dilakukan guna mendapatkan desain UI yang lebih bagus dan dapat memenuhi permintaan dari klien.
Penelitian ini menghasilkan sebuah desain UI angkut rosok online berbasis aplikasi mobile yang dibuat menggunakan metode prototype. Desain UI akhir yang dihasilkan memiliki antarmuka serta tampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pengguna, selain itu juga penggunaanya yang mudah sehingga memberikan pengalaman yang menarik dalam menggunakan aplikasi angkut rosok ini seperti penjualan rosok, penarikan saldo, serta melihat riwayat penjadwalan pengangkutan rosok. Dalam penelitian ini metode prototype mempunyai peranan yang penting dalam mendapatkan desain UI yang responsive, interaktif serta sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Downloads
References
Hakam, N. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI AMAZE LAYANAN ONLINE TRAVEL AGENT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. In Amaze Layanana Online Travel Agent Menggunakan Apilasi Figma (Vol. 87).
Hasibuan, M., & Voutama, A. (2023). Perancangan Tampilan Antarmuka Berbasis Aplikasi Mobile Agro Tech Dengan Metode Design Thinking. Juli, 6(2), 527–538. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
Irawan, R. C., Windarti, S., & Febrianta, N. S. (2024). Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Telemedicine. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 12(1).
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SAY.CO. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar, 9(1), 73–88. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Khoiriyah, H. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan terhadap Upaya Pengelolaan Sampah di Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 10(1), 13–20.
Kurniawan, B., & Romzi.M. (2022). PERANCANGAN UIUX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), 1–7.
Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). PERANCANGAN UIUX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), 1–7.
Parno, P., & Syakir, M. F. (2024). E-Commerce : Purwarupa Berbasis Website Pada Toko Online UNXPLND.MARKET Menggunakan Figma. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(1), 101–109. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i1
Purbo, Y. S., Utomo, F. S., & Purwati, Y. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI WISATA MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD) . Jurnal Teknologi Terpadu , 9(2), 123–132.
Putri, R. E., Yusman, Y., & Wira Pratama, Y. (2022). UI/UX Design of Early Childhood Learning Applications Using Figma. SYSTEMATICS, 4(3), 525–533.
Santoso, M. F. (2022). Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma. Jurnal Infortech, 4(2), 156. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech156
Sanubekti, M. A., Dajoreyta, G. L., & Anggraini, A. (2024). PEMBUATAN DESAIN UIUX DENGAN METODE PROTOTYPING PADA APLIKASI LAYANAN PENGADILAN NEGERI BALE BANDUNG MENGGUNAKAN FIGMA. Jurnal Informatika Terpadu, 10(1), 1–10.
Septianingrum, Z., & Nadia, Z. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi “Impruv” Sebagai Akses Digital Layanan Kesehatan Mental. 1(2).
Suzianti, A., & Belahakki, A. (2020). Redesigning User Interface of MRT Jakarta’s Mobile Application using Usability Testing Approach. ACM International Conference Proceeding Series, 73–78. https://doi.org/10.1145/3429551.3429587
Suzianti, A., Wulandari, A. D., Yusuf, A. H., Belahakki, A., & Monika, F. (2020). Design Thinking Approach for Mobile Application Design of Disaster Mitigation Management. ACM International Conference Proceeding Series, 29–33. https://doi.org/10.1145/3379310.3379324
Widodo, W., Huda, M., & Santoso, A. (2023). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile. 7(1), 76–89.
Copyright (c) 2025 Dhodit Rengga Tisna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License