Perancangan User Inteface (UI) Pada Aplikasi Angkut Rosok Berbasis Mobile Menggunakan Figma pada TPS 3R Sidomakmur

  • Dhodit Rengga Tisna Akademi Komunitas Negeri Pacitan
Abstract views: 19 , PDF downloads: 12
Keywords: Mobile, figma, angkut rosok, User Interface (UI), protoytpe;

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang antarmuka sebuah aplikasi angkut rosok berbasis mobile menggunakan aplikasi editing secara online Figma. Fokus dari penelitian ini yaitu perancangan suatu desain User Interface (UI) aplikasi penjadwalan pengambilan rosok online pada TPS 3R Sidomakmur, karena perancangan UI yang baik serta intuituif sangat penting dalam pengembangan aplikasi. Metode prototype diadopsi pada penelitian ini untuk menghasilkan UI angkut rosok yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan secara efektif dan efisien. Proses perancangan aplikasi ini melibatkan tahapan-tahapan analisa kebutuhan, desain cepat, bangun prototype, evaluasi pengguna awal, perbaikan prototype, implementasi dan pemeliharaan yang berkelanjutan.

Pada tahapan analisa kebutuhan pengguna, data dikumpulkan melalui interkasi dan komunikasi antara klien dengan pengembang guna mengakomodasi detail sistem yang dibutuhkan oleh pengguna. Hasil dari komunikasi ini selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk perancanngan desain awal dari UI. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, fitur yang penting diantaranya jual rosok, daftar rosok, harga rosok, riwayat pesanan, status pesanan, penarikan saldo, serta detail pesanan dan rute pengambilan diprioritaskan dalam perancangan desain UI pada aplikasi ini. Setelah rancangan awal selesai, berikutnya prototype UI dengan menggunakan platform desain UI online. Kemudian prototype yang sudah jadi dievaluasi melalui pengujian dengan melibatkan pihak pengguna. Kemudian umpan balik yang didapat dari pengguna digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan dan finalisasi pada UI. Pengulangan ini dilakukan guna mendapatkan desain UI yang lebih bagus dan dapat memenuhi permintaan dari klien.

Penelitian ini menghasilkan sebuah desain UI angkut rosok online berbasis aplikasi mobile yang dibuat menggunakan metode prototype. Desain UI akhir yang dihasilkan memiliki antarmuka serta tampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pengguna, selain itu juga penggunaanya yang mudah sehingga memberikan pengalaman yang menarik dalam menggunakan aplikasi angkut rosok ini seperti penjualan rosok, penarikan saldo, serta melihat riwayat penjadwalan pengangkutan rosok. Dalam penelitian ini metode prototype mempunyai peranan yang penting dalam mendapatkan desain UI yang responsive, interaktif serta sesuai dengan kebutuhan pemakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. S., Fauzi, R., & Nopendri, N. (2023). PERANCANGAN UIUX ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DAN LINGKUNGAN. Rang Teknik Journal, 6(2), 24–36. https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3636
Hakam, N. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI AMAZE LAYANAN ONLINE TRAVEL AGENT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. In Amaze Layanana Online Travel Agent Menggunakan Apilasi Figma (Vol. 87).
Hasibuan, M., & Voutama, A. (2023). Perancangan Tampilan Antarmuka Berbasis Aplikasi Mobile Agro Tech Dengan Metode Design Thinking. Juli, 6(2), 527–538. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
Irawan, R. C., Windarti, S., & Febrianta, N. S. (2024). Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Telemedicine. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 12(1).
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SAY.CO. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar, 9(1), 73–88. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Khoiriyah, H. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan terhadap Upaya Pengelolaan Sampah di Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 10(1), 13–20.
Kurniawan, B., & Romzi.M. (2022). PERANCANGAN UIUX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), 1–7.
Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). PERANCANGAN UIUX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), 1–7.
Parno, P., & Syakir, M. F. (2024). E-Commerce : Purwarupa Berbasis Website Pada Toko Online UNXPLND.MARKET Menggunakan Figma. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(1), 101–109. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i1
Purbo, Y. S., Utomo, F. S., & Purwati, Y. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI WISATA MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD) . Jurnal Teknologi Terpadu , 9(2), 123–132.
Putri, R. E., Yusman, Y., & Wira Pratama, Y. (2022). UI/UX Design of Early Childhood Learning Applications Using Figma. SYSTEMATICS, 4(3), 525–533.
Santoso, M. F. (2022). Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma. Jurnal Infortech, 4(2), 156. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech156
Sanubekti, M. A., Dajoreyta, G. L., & Anggraini, A. (2024). PEMBUATAN DESAIN UIUX DENGAN METODE PROTOTYPING PADA APLIKASI LAYANAN PENGADILAN NEGERI BALE BANDUNG MENGGUNAKAN FIGMA. Jurnal Informatika Terpadu, 10(1), 1–10.
Septianingrum, Z., & Nadia, Z. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi “Impruv” Sebagai Akses Digital Layanan Kesehatan Mental. 1(2).
Suzianti, A., & Belahakki, A. (2020). Redesigning User Interface of MRT Jakarta’s Mobile Application using Usability Testing Approach. ACM International Conference Proceeding Series, 73–78. https://doi.org/10.1145/3429551.3429587
Suzianti, A., Wulandari, A. D., Yusuf, A. H., Belahakki, A., & Monika, F. (2020). Design Thinking Approach for Mobile Application Design of Disaster Mitigation Management. ACM International Conference Proceeding Series, 29–33. https://doi.org/10.1145/3379310.3379324
Widodo, W., Huda, M., & Santoso, A. (2023). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile. 7(1), 76–89.
Published
2024-12-31

PlumX Metrics

How to Cite
Rengga Tisna, D. (2024). Perancangan User Inteface (UI) Pada Aplikasi Angkut Rosok Berbasis Mobile Menggunakan Figma pada TPS 3R Sidomakmur. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(2), 101 - 113. https://doi.org/10.46510/jami.v5i2.316