DAMPAK PANDEMI VIRUS COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E - LEARNING OLEH MAHASISWA DI KOTA BANDUNG
PANDEMI VIRUS COVID-19
Abstract
Pandemi Virus Covid-19 merupakan wabah penyakit berupa virus yang awalnya berasal dari kota Wuhan negara Tiongkok, Dengan adanya pandemi Virus Covid -19 tersebut berpenagruh terhadap pendidikan tinggi. Mengikuti Himbawan pemerintah untuk mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain. Menegaskan belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Disisi lain demi tetep menjaga pendidikan biasa tetap berjalan dengan baik serta mendukung pemerintahan dalam mendukung Psysical distanting karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehinnga tidak dapat dilakukan pembelajaran tatap muka dalam waktu tertentu,maka pelu diadakan penelitian untuk menentukan model pembelajaran online yang bermanfaat dan sesuai bagi para mahasiswa. elearning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi dan pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan pembelajaran teknologi informasi dengan penggunaan perangkat elektronik yaitu laptop,computer maupun gadget. Teknologi di lingkungan kampus Berdasarkan alasan tersebut tindakan mengamatan dalam peneletian yang dilakukan pengunaan elearning oleh mahasiswa di politeknik piksi ganesha
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Virus Covid-19 dalam memutusakan pembelajaran online (e-learning) dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden terpilih dan menilai hasil dampaknya melalui metode persentase jawaban responden dan olah data statistik dengan alat bantu SPSS V25.
Sebanyak 75.6 % responden menyatakan mengetahui tentang Pandemi Virus Covid-19 dan sebanyak 81.8 % responden memutusakan pemebelajaran secara online menggunakan aplikasi E-Learning yang serta diketahui dampak Virus Covid-19 terhadap keputusan penggunaan E-Learning sebesar 79,3 % dansebesar 20.7 % dipenagruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disampaikan bahwa mahasiswa lebih memilih pemebelajaran secara online dengan menggunkan aplikasi pembelajaran E-Learning yang memilki pasilitas lebih lengkap dan akses ID yang diperoleh mahasiswa mudah digunakan melalui E-Learning Indonesia Net
Downloads
References
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1).
Daniswara. (2016). Penerapan E-learning sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 17–21.
Istikhomah, H., Indarto, A. S., & PS, D. T. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-Learning. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 2(2), 107–114.
Merrow, J. (2012). Blended Learning, But To What End?| Taking Note.
Nurjayanti, B. (2012). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-learning (studi kasus mata kuliah bahasa pemrograman).
Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): impact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12(4).
Sintema, E. J. (2020). E-Learning and Smart Revision Portal for Zambian primary and secondary school learners: A digitalized virtual classroom in the COVID-19 era and beyond. Aquademia, 4(2), ep20017.
Sukamto, B. C. A. (2012). E-Learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile. Jurnal Teknik Elektro, 1(2), 75–78.
Pustaka yang berupa judul buku:
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License