DAMPAK PANDEMI VIRUS COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E - LEARNING OLEH MAHASISWA DI KOTA BANDUNG

PANDEMI VIRUS COVID-19

  • TIRIS SUDRARTONO POLITEKNIK PIKSI GANESHA
Abstract views: 1347 , PDF downloads: 645
Keywords: Virus Covid-19, E-Learning

Abstract

Pandemi Virus Covid-19 merupakan wabah penyakit berupa virus yang awalnya berasal dari kota Wuhan negara Tiongkok, Dengan adanya pandemi Virus Covid -19 tersebut berpenagruh terhadap pendidikan tinggi. Mengikuti Himbawan pemerintah untuk mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain. Menegaskan belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Disisi lain demi tetep menjaga pendidikan biasa tetap berjalan dengan baik serta mendukung pemerintahan dalam mendukung Psysical distanting karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehinnga tidak dapat dilakukan pembelajaran tatap muka dalam waktu tertentu,maka pelu diadakan penelitian untuk menentukan model pembelajaran online yang bermanfaat dan  sesuai bagi para mahasiswa. elearning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi  dan pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan pembelajaran teknologi informasi dengan penggunaan perangkat elektronik yaitu laptop,computer maupun gadget. Teknologi di lingkungan kampus Berdasarkan alasan tersebut tindakan mengamatan dalam peneletian yang dilakukan pengunaan elearning oleh mahasiswa di politeknik piksi ganesha

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Virus Covid-19 dalam memutusakan pembelajaran online (e-learning) dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden terpilih dan menilai hasil dampaknya melalui metode persentase jawaban responden dan olah data statistik dengan alat bantu SPSS V25.

Sebanyak 75.6 % responden menyatakan mengetahui tentang Pandemi Virus Covid-19 dan sebanyak 81.8 % responden memutusakan pemebelajaran secara online menggunakan aplikasi E-Learning yang serta diketahui dampak Virus Covid-19 terhadap keputusan penggunaan E-Learning sebesar 79,3 % dansebesar 20.7 % dipenagruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disampaikan bahwa mahasiswa lebih memilih pemebelajaran secara online dengan menggunkan aplikasi pembelajaran E-Learning yang memilki pasilitas lebih lengkap dan akses ID  yang diperoleh mahasiswa mudah digunakan melalui E-Learning Indonesia Net

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1).
Daniswara. (2016). Penerapan E-learning sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 17–21.
Istikhomah, H., Indarto, A. S., & PS, D. T. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-Learning. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 2(2), 107–114.
Merrow, J. (2012). Blended Learning, But To What End?| Taking Note.
Nurjayanti, B. (2012). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-learning (studi kasus mata kuliah bahasa pemrograman).
Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): impact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12(4).
Sintema, E. J. (2020). E-Learning and Smart Revision Portal for Zambian primary and secondary school learners: A digitalized virtual classroom in the COVID-19 era and beyond. Aquademia, 4(2), ep20017.
Sukamto, B. C. A. (2012). E-Learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile. Jurnal Teknik Elektro, 1(2), 75–78.

Pustaka yang berupa judul buku:
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Published
2020-12-22

PlumX Metrics

How to Cite
SUDRARTONO, T. (2020). DAMPAK PANDEMI VIRUS COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E - LEARNING OLEH MAHASISWA DI KOTA BANDUNG: PANDEMI VIRUS COVID-19. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(2), 106-115. https://doi.org/10.46510/jami.v1i2.36