OPTIMIZING B2B E-COMMERCE DEVELOPMENT AND ONLINE MARKETING WITH THE LINEAR SEQUENTIAL METHOD

  • Eka Sofiati Institut Teknologi Mitra Gama
Abstract views: 16 , PDF downloads: 10
Keywords: Sistem Informasi, PHP, Mysql, Linear Sequential;

Abstract

Tujuan. Dalam dunia bisnis, persaingan merupakan aspek yang tidak terhindarkan, terutama dengan kemajuan pesat dalam teknologi informasi. Perkembangan ini telah membawa perubahan signifikan, mengubah berbagai aktivitas dari metode konvensional menjadi lebih modern dan efisien. Hal ini berdampak pada berbagai sektor, termasuk pendidikan dan bisnis, khususnya dalam cara individu mengakses serta memanfaatkan informasi. Saat ini, masih banyak pelaku usaha yang mengandalkan metode tradisional dalam proses penjualan, seperti pemasaran langsung atau pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Namun, pendekatan ini memiliki berbagai keterbatasan yang dapat memengaruhi stabilitas pendapatan. Oleh karena itu, diperlukan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Material dan Metode. Penelitian ini menerapkan metode linear sequential dalam pengembangan sistem. Metode ini merupakan pendekatan sistematis yang dilakukan secara bertahap, memastikan bahwa setiap tahap dalam proses pengembangan mengikuti aturan yang jelas. Anugrah Muslim Store saat ini masih menggunakan cara manual dalam menjalankan bisnisnya, sehingga menghadapi tantangan dalam menjangkau konsumen dan memperluas area pemasaran. Untuk mengatasi kendala tersebut, dibutuhkan sistem berbasis online sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan.

Hasil. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Anugrah Muslim Store dalam mengoptimalkan proses bisnisnya melalui sistem informasi pemasaran online.

Kesimpulan. Dengan adanya sistem ini, toko dapat lebih mudah menjangkau pelanggan, memperluas cakupan pasar, serta meningkatkan potensi pendapatan secara lebih stabil dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiri, H. (2025). The Spider Marketing Model: A Network-Centric Framework for Dynamic Digital Marketing. https://doi.org/10.2139/ssrn.5240004
Astuti, R. (2024). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis web pada UMKM Cheese Stick Alfan. Innovation and Technology, 1(1), 54–63.
Atim, S. B. (2024). Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Website Menggunakan Metode Agile. Journal of Data Science and Information …, 2(1), 14–25. https://ejournal.techcart-press.com/index.php/dimis/article/view/97%0Ahttps://ejournal.techcart-press.com/index.php/dimis/article/download/97/92
Candra, D. G. A., Ariesta, H. A., Dhiyaussalam, & Fatwanto, A. (2022). Merancang Strategi Pemasaran di Era Digital pada UMKM Rumah Makan Padang Pergaulan Yogyakarta. Jurnal Bakti Saintek, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.14421/jbs.3376
Candra, D. G. A., Putra, B. P., Meiditra, I., & Nurdi, A. (2023). Penerapan Aplikasi Manajemen Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Teknik Informatika Unika ST. Thomas (JTIUST), 8, 230–237.
Candra, D., & Permata, W. E. (2024). Analisis Kinerja Bisnis Klinik Reza Medika Dengan Model Data Flowchart. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.299
Danach, K., Rammal, A., Moukadem, I., Harb, H., & Nasser, A. (2025). Advanced Optimization in E-Commerce Logistics: Combining Matheuristics With Random Forests for Hub Location Efficiency. IEEE Access, 13, 55915–55926. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2025.3550560
Kusumasari, A., Haryanto, D., & Ihsan, M. (2024). SISTEM INFORMASI PEMASARAN PERUMAHAN GRIYA PANJI BERBASIS WEB PADA PT NOVAL PERKASA PRIMA. TEKNIMEDIA, 5(2), 228–234.
Mansyuri, U., Arief, R., Fauzan, A. F., Aryono, G. D. P., & Hidayat, A. (2024). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Jasa Pada Difa Make-Up & Decoration Berbasis Web Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi ( JMS ). Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(September), 732–742. https://doi.org/https://doi.org/10.33998/jms.v4i2
Meiditra, I., Yuda, F., Gusti, D., Candra, A., & Mutia, C. (2025). Sistem informasi pemesanan lapangan pada kenzie futsal padang menggunakan web. Riau Journal of Computer Science, 11(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/rjocs.v11i1.2919
Nandankar, S., Sachan, A., Adhikari, A., & Mukherjee, A. (2023). Developing and validating e-marketplace service quality model in B2G e-commerce settings: a mixed-methods approach. International Journal of Operations & Production Management, 43(12), 1809–1840. https://doi.org/10.1108/IJOPM-05-2022-0333
Negara, Y. D. P., Fatah, D. A., Gitayuda, M. B. S., Syam, A. R., Fukaha, S. A., & Firdaus, M. A. (2024). Pemanfaatan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Produktivitas Penjualan UMKM Souvenir Murah Bojonegoro. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.47709/dst.v4i2.4761
Pardika, P. P., & Candra, D. G. A. (2024). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengolahan Data Pesanan Sablon di KYSR Store Menggunakan Metode Waterfall. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(2), 134–147. https://doi.org/10.46510/jami.v5i2.306
Putra Pane, E., & Octavian, R. (2024). Sistem Informasi Pemasaran Mobil Bekas Berbasis Web Pada Showroom Oemi Mobilindo Pekanbaru. Journal of Digital Business, 1(1), 28–33.
Salam, S. H., Anastasya, V., & Candra, D. G. A. (2024). RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.55686/ristek.v9i1.174
Published
2025-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Eka Sofiati. (2025). OPTIMIZING B2B E-COMMERCE DEVELOPMENT AND ONLINE MARKETING WITH THE LINEAR SEQUENTIAL METHOD. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 6(1), 58 - 67. https://doi.org/10.46510/jami.v6i1.363
Section
Articles