ANALISIS BAURAN PEMASARAN KOPI MANDAILING (STUDI KASUS PADA COFFEE SHOP LOPO MANDHELING CAFE, PANYABUNGAN)
Abstract
Objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran kopi khas Mandailing di Lopo Mandheling Cafe yang berlokasi di Panyabungan, Mandailing Natal Sumatera Utara. Adapun beberapa aspek bauran pemasaran yang dianalisis antara lain product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi/pemasaran).
Material and Metode. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, pengamatan lapangan dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dan disusun dalam bentuk laporan hasil penelitian.
Hasil. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa aspek-aspek bauran pemasaran kopi Mandailing di Lopo Mandheling Cafe secara keseluruhan bagus, dimana kualitas produk yang sudah terjamin (sudah BPOM dan memiliki sertifikasi halal dari MUI). Harga yang terjangkau di kalangan masyarakat, tempat yang strategis dan nyaman serta promosi produk yang sudah maksimal baik melalui media sosial, maupun promosi langsung ke konsumen.
Kesimpulan. Manajemen dan analisis bauran pemasaran yang baik memberikan pengaruh signifikan terhadap sebuah produk di pasaran. Diharapkan dengan analis bauran pemasaran yang tepat sebuah produk dapat berkembang dengan baik dan memberikan income yang membantu keberlangsungan usaha.
Downloads
References
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Epriani, M., Endaryanto, T., & Indriani, Y. (2017). Sikap Konsumen dan Strategi Pemasaran Dua Merek Kopi Bubuk di Kota Bandar Lampung. JIIA, 5(4), 414–421.
Imaniar, D., & Wahyudiono, A. (2018). Strategi Pengembangan Dan Bauran Pemasaran Potensi Komoditas Kopi Dalam Rangka Penguatan Pasar Produk Pertanian Secara Integratif Dengan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 206–217. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1120
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Indeks.
Ledy, D. S., Haryono, D., & Situmorang, S. (2019). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk Cap Intan di Kota Bandar Lampung. Jurusan Agribisnis, 7(1), 52–59.
Melni, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran @Lopo Mandailing Coffee pada Media Sosial Instagram di Kecamatan Panyabungan. Universitas Medan Area.
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1), 13–28. https://doi.org/10.1007/BF02532975
Putri, V. D., Affandi, M. I., & Nikmatullah, D. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen dan bauran Pemasaran Pada Agroindustri Kopi Bubuk Cap Jempol di kota Bandar Lampung. JIIIA, 8(1), 132–136.
Rosita, R. D., Budiarto, & Kismantoradji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 15–25.
Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi Offset.
Wahyuningsih, N., Dania, W. A. P., & Dewi, I. A. (2014). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Minuman Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) (Studi Kasus pada Coffee Story Malang). Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 1–10.
Watae, R. H., Worang, F. G., & Soepeno, D. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4245–4254. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18390
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License