SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN PADA PROPOSAL PENGAJUAN TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP

  • Muhamad Fuat Asnawi Universitas Sains Al-Qur'an
  • Zaenal Abidin Universitas Sains Al-Quran
Abstract views: 163 , PDF downloads: 135
Keywords: Kemiripan, dokumen, plagiasi, persentase, uji

Abstract

Objektif. Mengambil atau menyalin karya orang lain lain adalah diperbolehkan asalkan menganut ketentuan yang berlaku. Tindakan pengambilan tulisan / ide jurnal untuk menemukan tema tugas akhir juga disarankan karena untuk pengembangan suatu penelitian. Pada pemeriksaan kemiripan pada dokumen pengajuan proposal tugas akhir ini, dimana penulis mengukur persentase kemiripan di antara satu dokumen dan dokumen lainnya yang ada di database.
Material dan Metode. Dalam pembuatan Sistem Pendeteksi Kemiripan Pada Pengajuan Proposal Tugas Akhir Menggunakan Algoritma Rabin-Karp ini, penulis menggunakan alat bantu perancangan UML(unified modelling language) meliputi Use case, activity diagram, sequence diagram, class diagram dan ERD (Entity Relation Diagram) untuk perancangan database. Penulisan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan MySql sebagai perancangan database sistem. Dalam pengembangan aplikasi kami menggunakan Waterfall sebagai metode pengembangan sistem.
Hasil. Sistem Pendeteksi Kemiripan Pada Pengajuan Proposal Tugas Akhir Menggunakan Algoritma Rabin-Karp
Kesimpulan. Sistem ini dapat membantu bagi mahasiswa agar tidak melakukan tindakan plagiarisme atau menyalin sama persis pada dokumen pengajuan tugas akhir.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra, P. P., Afriansyah, A., & Syaifullah, M. (2019). Pendeteksi Kesamaan Dokumen pada Sistem Informasi Pendaftaran Proposal Skripsi dengan Pendekatan Algoritma Rabin-Karp. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 2(1), 40-47.
Salam, A., Wicaksana, V. P., & Hastuti, K. (2015). Sistem Rekomendasi Penentuan Dosen Pembimbing Tugas Akhir Dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Techno. Com, 14(3), 225-233.
Sunyoto, A. (2013, June). Implementasi Algoritma Rabin Karp untuk Pendeteksian Plagiat Dokumen Teks Menggunakan Konsep Similarity. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).
Afrina, M., & Ibrahim, A. (2013). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 629-644.
Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press. Bandung.
Tristianto, C. (2018, July). Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan. In ESIT (Vol. 12, No. 1, pp. 8-22).
Adi, S. (2018). Penerapan Algoritma Rabin Karp Untuk Mendeteksi Kemiripan Judul Skripsi. Jurnal Mantik Penusa, 22(1).
Published
2021-06-29

PlumX Metrics

How to Cite
Asnawi, M. F., & Zaenal Abidin. (2021). SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN PADA PROPOSAL PENGAJUAN TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 73-82. https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.61
Section
Articles