DALAM PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH

STUDI UPT.PELABUHAN DAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN PASONGSONGAN

  • Sofiatul Marwah Universitas Islam Malang
Abstract views: 353 , PDF downloads: 246
Keywords: Pengelolaan, Pelabuhan Perikanan, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan, adanya pelabuhan perikanan sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir serta dapat membantu perekonomian masyarakat yang bermata pencarian sebagai nelayan. Pelabuhan perikanan merupakan tempat yang terdiri dari daratan dan perairan serta sekitarnya dengan batas-batas tertentu. Pelabuhan perikanan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 3 dan 4 KEPMEN No.34 tahun 2004 yang mempunya tugas melaksanakan fasilitas produksi, penanganan dan pengelolaan, fasilitas pengendalian pengawasan mutu, pemasaran hasil perikanan di wilayahnya, fasilitas dan melakukan pembinaan masyarakat nelayan. Melihat perkembangan dari infrastruktur pelabuhan perikanan sangat berbeda dari sebelum dikelola, dan sekarang setelah dikelola dan danya fasilitas yang memadai lebih efektif dan efisien. Hal ini merupakan resiko yang harus dilakukan dan resiko tersebut merupakan tantangan dan tuntutan nasional yang harus dijawab dengan melaksanakan berbagai tindakan yang nyta dan sistematis serta berkelanjutan.  UPT.Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pasongsongan merupakan pelabuhan perikanan yang cukup potensial dengan lokasi yang sangat strategis yang merupakan sentra perekonomian di pulau Madura. Mengingat pentingnya peran pelabuhan perikanan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dalam sektor kelautan dan perikanan maka penting untuk di laksanakan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pengelolaan pelabuhan perikanan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di UPT.P2SKP Pasongsongan pemerintah memliki peran penting yaitu dalam pengelolaan pelabuhan perikanan seperti retribusi hasil pendapatan, operasional pelabuhan, tersdianya sarana dan prasarana. Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi dalam pengelolaan pelabuhan perikanan yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Anita Novrianti (2019). "Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tolitol". Volume 3, Nomor 8.
Arenawati, 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Graha Cipta.

Fauzi Akhmad, 2006. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hayat (2014). “Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Aparatur Pelayanan Publik Dalam Kerangka Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara”. Volume 8, No 1.
Hayat (2016). "Peneguhan Reformasi Melalui Penilaian Kinerja Pelayanan Publik". Volume 20, Nomor 2.
Hayat, 2018. Kebijakan Publik. Malang: Intrans Publishing

Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT.RajaGrafindo Persada.
Hayat (2020). "Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik". Volume 8, Nomor 1.
Indrawan Tobarasi, Rahmanuddin Tomalili (2019). "Analisis Alternatif Kebijakan Perikanan dalam Meningkatkan Pendapatan Nelayan di Kabupaten Konawe". Volume 2, Nomor 2.
Khairina Nainggolan, Yauqub Cikusin, Hayat (2017). "Peningkatan Pendapatan Daerah Berbasis Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah". Volume 5, Nomor 2.
Novira Susani, Nurul Umi Ati, Hayat (2019). "Pengembangan Objek Wisata Taman Nasional Kalimutu Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ende". Volume 13, Nomor 4.
Soematri Sri, 2014. Otonomi Daerah.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Sasmita Rahardjo, 2013. Pembangunan Ekonomi Maritim.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Siahaan Marihot P, 2005. Retribusi Pajak dan Retribusi Daerah.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Wahyono, 2009. Indonesia Negara Maritim. Jakarta Selatan: Teraju Anggota IKAPI.
Published
2021-06-29

PlumX Metrics

How to Cite
Marwah, S. (2021). DALAM PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH: STUDI UPT.PELABUHAN DAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN PASONGSONGAN. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 93-105. https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.62
Section
Articles