IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BPJS KESEHATAN
(Studi Pada Puskesmas Kedungkandang Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan pelaksanaan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan pendukung pengimplementasian program BPJS kesehatan di Puskesmas Kedungkandang, serta ingin mengetahui bagaimana implementasi program BPJS Kesehatan di Puskesmas Kedungkandang.Penelitian ini menggunakan beberapa teori, yaitu Kebijakan Publik, , Kebijakan Pelayanan Kesehatan, Implementasi . Peneliti menemukan 4 faktor yang menghabat proses implementasi program BPJS Kesehatan di Puskesmas Kedungkandang,yaitu pertama, faktor komunikasi atau sosialisasi, sedangkan yang kedua, Faktor Sumber daya baik dari sumber daya manusia sampai sumber daya lainya seperti fasilitas, informasi, kemudian yang ketiga, faktor dispotition atau sikap aparatur birokrasi, dan yang keempat, faktor struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di wilayah Kota Malang, tempatnya di Puskesmas Kedungkandang, Dinas Kesehatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan bedasarkan studi lapangan dalam bentuk observasi dan wawancara, peneliti menemukan bahwa proses implementasi di Puskesmas Kedungkandang sudah berjalan cukup baik, walau masih ada beberapa kendala yang dihadipi, namun pihak Puskesmas Kedungkandang dan Dinas kesehatan terus membenahi kekurangan-kekurangan yang ada dalam proses implementasi program BPJS dapat berjalan dengan baik.Program BPJS merupakan bentuk reformasi birokrasi di bidang kesehatan, sebab dengan adanya program BPJS masyarakat dapat lebih mudah berobat dan tidak sulit dalam pemberkasan dokumen seperti sistem Kesehatan sebelumnya. Dengan adanya program BPJS diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu pelayan kesehatan terhadap masyarakat di Kota Malang.
Downloads
References
Sormin, R. D. (2019). Pengaruh Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi Dan Struktur Birokrasi Terhadap Partisipasi Kb Medis Operasi Pria Di Kota Bandar Lampung (Studi Pada Model Implementasi Kebijakan George Edward Iii) (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Monalisa, E.P. (2015) Implementasi Standar Operasional Prosedur Dalam Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Rsu Prof. Dr. Kandou Manado
Hayat (2020) Evektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik., Tahun 2020, Hal: 14-26
Hayat (2020) Respon Masyarakat Terhadap Kebijakan Mobil Sehat Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Respon Publik ISSN: 2302-8432 Vol. 14, No. 3, Tahun 2020, Hal: 8-13
Hayat (2020) Pembangunan Infrastruktur Jalan Penghubung Berbasis Partisipasi Masyarakat. Volume 13, No. 3, Tahun 2019, Hal 69-77
Hayat (2020) Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat., Tahun 2019, Hal: 70-76
Hayat (2020) Pelayanan Publik Keimigrasian Berbasis Good Governance. Vol. 14, No. 1, Tahun 2020, Hal: 60-67
Yuningsih Rahmi. (2013). Permasalahan Dalam Persiapan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional 2014. Info Singkat Kesejahteraan Sosial.Vol. V Nomor 17 September 2013 : 09-12
Copyright (c) 2021 Hasrillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License