PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA KWT RAHAYU JURUG

Abstract views: 330 , PDF downloads: 178
Keywords: Website, ISO 1926, Sistem Informasi, E-Commerce, Waterfall

Abstract

Objektif. KWT Rahayu Jurug saat ini mempunyai persaingan bisnis yang disebabkan oleh perkembangan dunia yang semakin modern, sehingga perlu dilakukannya peningkatan dalam hal pemasaran. Website dapat menyajikan informasi dalam berbagai bentuk yang mempunyai tujuan sebagai media informasi, dan publikasi yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Dalam Standard ISO 9126 telah mengusulkan beberapa karakteristik untuk melakukan pengujian terhadap kualitas sebuah perangkat lunak.
Metode. Berdasarkan hal tersebut perlunya perbaikan pada dalam segi kualitas penjualan agar mencapai kepuasan bagi pelanggan secara optimal maka dibutuhkan metode Waterfall untuk mendesain layout website untuk sesuai keinginan dari pihak KWT dan ISO 9126 digunakan untuk menguji standarisasi kualitas dari website.
Hasil. Setelah meleati pengujian maka didapatkan hasil nilai Functionality bernilai 1 yang dapat dikatakan baik. Pada Efficiency dengan menggunakan Page Speed Inserts sebesar 75% dan GTMatrix sebesar 67%. Pada Realibility persentase keberhasilan sebesar 96%. Pada Usability hasil scala likert mimiliki ranks netral hingga setuju, pada Sistem Usability Scala (SUS) mendapatkan 71,5%, pada pengujian Validitas dan Reabilitas pada respon 10 responden terhadap 14 pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Pada Portability terdapat pengujian website dengan menggunakan web browser komputer dan android, pada pengujian tersebut telah diuji hasil tersebut bahwa Website dan aplikasi KWT memenuhi kriteria faktor kualitas portability.
Kesimpulan. Dari hasil analisis dan pembahasan sebelunya dapat disimpulkan bahwa perancangan system informasi penjualan E-Commerce berbasis web dengan menggunakan metode waterfall dengan mengunakan pengujian standarisasi ISO 9126 pada KWT Rahayu Jurug dapat terpenuhi segala aspek karakteristiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brooke, John. 1996. “SUS - A Quick and Dirty Usability Scale.” Beaconsfield: Redhatch Consulting Ltd.
Guritno, Suryo, Sudaryono, and Untung Rahardja. 2011. “Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informas.” Yogyakarta: Andi.
Jovanović, Irena. 2009. “Software Testing Methods and Techniques.” Journal of Computer Science 5(6):30.
Junyati. 2019. “Kualitas Software Model ISO 9126.” Https://Sis.Binus.Ac.Id/. Retrieved May 8, 2021 (https://sis.binus.ac.id/2019/04/04/kualitas-software-model-iso-9126/).
Kusumatrisna, Adam Luthfi, Nia Anggraini Rozama, Adriyani Syakilah, Vera Citra Wulandari, Rima Untari, and Tri Sutarsih. 2020. “Statistik E-Commerce 2020.” P. 17 in Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Pressman, Roger S. 2010. “Software Engineering : A Practicioner’s Approach.” New York: The McGraw-Hill Companies.
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B.” bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).” Bandung: Alfabeta.
Sukamto, Ariani Rosa, and M. Shalahuddin. 2016. “Rekayasa Perangkat Lunak.” Bandung: Informasi Bandung.
Suryabrata, Sumadi. 2004. “Metodologi Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tika Novita Sari. 2016. “Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard ISO 9126.” Jurnal Informatika Dan Komputer 1(1).
Webb, Noreen, Richard J. Shavelson, and Edward H. Haertel. 2006. “Reliability Coefficients and Generalizability Theory.” Journal of Statistics (26):7.
Published
2021-12-20

PlumX Metrics

How to Cite
Antoro, R. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA KWT RAHAYU JURUG. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(2), 199-214. https://doi.org/10.46510/jami.v2i2.74