Inovasi Bisnis Digital di tengah Pandemi COVID-19

  • Yuliana Universitas Udayana
Abstract views: 331 , PDF downloads: 202
Keywords: Kata kunci: Bisnis, digital, e-commerce, inovasi, multimedia

Abstract

Objektif. Mengetahui bagaimana inovasi bisnis digital di tengah pandemic COVID-19. Literatur ini penting dibuat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai inovasi bisnis digital sehingga pemulihan ekonomi nasional cepat tercapai.
Material and Metode. Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka. Literatur didapatkan dari Science Direct and Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah bisnis, digital, e-commerce, inovasi, multimedia. Setelah dilakukan skrining berdasarkan judul, abstrak, dan isi teks secara keseluruhan, didapatkan jurnal sejumlah 10 jurnal.
Hasil Inovasi bisnis digital meliputi penggunaan e-commerce, media sosial, dan multimedia untuk menawarkan produk dan jasa. Di samping itu ada teknologi baru yaitu EPI Cube. Teknologi baru ini memberikan pengalaman kombinasi antara virtual dan fisik untuk menampilkan suatu produk. Kreativitas sangat diperlukan untuk meningkatkan pemasaran.
Kesimpulan Inovasi bisnis di bidang digital memerlukan sarana dan prasarana multimedia, e-commerce, dan media sosial. Kreativitas diperlukan untuk meningkatkan pemasukan. Kelebihan bisnis digital adalah bisa menjangkau pasaran yang luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apavaloaie, E. (2014). The impact of the Internet on the business environment. Procedia Economics and Finance, 15(14), 951–958. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00654-6
Asmah. (2019). Optimalisasi ekonomi kreatif melalui penerapan e-commerce upaya mewujudkan ekonomi kerakyatan pada revolusi industri 4.0. Jurisprudentie, 6(1), 26–39.
Bai, C., Quayson, M., & Sarkis, J. (2021). COVID-19 pandemic digitization lessons for sustainable development of micro-and small- enterprises. Sustainable Production and Consumption, 27, 1989–2001. https://doi.org/10.1016/j.spc.2021.04.035
Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Bramantoro, S., & Gandasari, D. (2020). Heliyon Customer review or in fl uencer endorsement : which one in fl uences purchase intention more ? Heliyon, 6(July), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2020). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, June, 1–37. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Flavián, C., Ibáñez-sánchez, S., & Orús, C. (2019). The impact of virtual , augmented and mixed reality technologies on the customer experience. Journal of Business Research, 100(October 2018), 547–560. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.050
Handayani, S. F., & Er, M. (2019). Antecedent and Business Process Management Non-Technical Antecedent and Business Process Management Non-Technical Capabilities in Social Media Implementation for Micro , Small and Capabilities in Social Media Implementation for Micro , Small and Medium En. Procedia Computer Science, 161, 1114–1121. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.223
Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184.
Heryani, H., Legowo, A. C., & Nugroho, I. P. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290–298.
Hojeghan, S. B., & Esfangareh, A. N. (2011). Digital economy and tourism impacts , influences and challenges. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 19, 308–316. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.05.136
Kadlubek, M. (2015). The Selected Areas of E-logistics in Polish E-commerce. Procedia - Procedia Computer Science, 65, 1059–1065. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.052
Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Onile, A. E., Machlev, R., Petlenkov, E., Levron, Y., & Belikov, J. (2021). Uses of the digital twins concept for energy services, intelligent recommendation systems, and demand side management: A review. Energy Reports, 7, 997–1015. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2021.01.090
Phillips, F., Yu, C., Hameed, T., Abdullah, M., & Akhdary, E. (2017). The knowledge society ’ s origins and current trajectory. International Journal of Innovation Studies, 1(3), 175–191. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2017.08.001
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Jurnal Semarak, 2(1), 31–43.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.
Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikra-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E - Commerce Shopee. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 22(2), 117–125.
Saragih, N. I., Hartati, V., & Fauzi, M. (2020). Tren , Tantangan , dan Perspektif dalam Sistem Logistik pada Masa dan Pasca (New Normal) Pandemik Covid-19 di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 77–86. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4009.77-86
Stieninger, M., Gasperlmair, J., Plasch, M., & Kellermayr-scheucher, M. (2021). Identification of innovative technologies for store-based retailing–An evaluation of the status quo and of future retail practices. Procedia Computer Science, 181(2019), 84–92. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.108
Published
2021-12-20

PlumX Metrics

How to Cite
Yuliana. (2021). Inovasi Bisnis Digital di tengah Pandemi COVID-19. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(2), 166-177. https://doi.org/10.46510/jami.v2i2.79