STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA CV GANTENG REVOLUTION

  • lukluk luklukmukhoyaroh keluarga
Abstract views: 167 , PDF downloads: 93
Keywords: Gula Semut, UMKM, Strategi Pemasaran, Business Model Canvas

Abstract

CV Ganteng Revolution merupakan industri rumahan yang bergerak dibidang pengolahan pangan. Salah satu produk yang dipasarkan adalah produk Semoet Ganteng. Semoet ganteng merupakan produk gula semut yang berkualitas dengan kemurnian 99%. Namun pada proses pemasarannya belum optimal. Untuk itu perusahaan perlu melakukan perumusan strategi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk Semoet Ganteng. Business model canvas merupakan gambaran 9 elemen yang dapat menilai, dan mengubah model bisnis dalam bentuk 1 lembar kanvas atau kertas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi baru berdasarkan pendekatan business model canvas. Dari 9 elemen ini yang saling berhubungan yaitu customer segmen, value propositions, channels, customer relationship, revenue stream, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan strategi baru yang perlu ditambahkan pada beberapa elemen yaitu, channels dilakukan dengan pembuatan website dan memanfaatkan media sosial untuk promosi, promosi saat ini hanya dilakukan di akun Instagram @ganteng_organicofficial dengan pengikut sebanyak 1670 orang, kanal Youtube dengan 245 subscriber, pengikut Facebook sebanyak 70 orang, 764 orang yang melihat produk Semoet Ganteng pada akun Tokopedia, Shopee dengan pengikut 11 orang. Pada elemen customer relationship ditambah dengan pemberian voucher kepada pembeli, pembelian voucher ini senilai 50.000 diberlakukan untuk pembelian 10 karton, cost structure perlu ditambahkan biaya untuk membiayai pemasaran seperti biaya endorsement dan periklanan dimedia sosial.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pustaka yang berupa internet
https://gantengrevolution.wixsite.com/home

Kurniasih, 2019. Khasiat Gula Semut Aren. dilihat: https://www.kompasiana.com/momsodell/5cdcd45d3ba7f76b8653ab84/khasiat-gula-semut-aren?page=all. pukul 00.50

Pustaka yang berupa buku
Lakeisha. 2020. Pengaplikasian Model Bisnis Canvas Pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Klaten.

PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Jakarta Pusat. PPM

Pustaka yang berupa jurnal
Kurniawan, F. A. (2017). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru (Studi Pada UMKM UD. Gading Mas Pasuruan). Yudharta, 4(2), 123–131.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas ( Bmc ) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System ( Ipms ) Pada Koperasi Asperindo. 7(2), 67–76.

Marisca, T. (2018). Menggunakan Business Model Canvas Pada Perusahaan ( Studi pada PT . Gondowangi Tradisional KosmetikaMedan ).

Purwantoro, P. (2019). Evaluasi Pengembangan Umkm Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Busines Model Canvas. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 4(2), 165–174.

Rahmatang, R., Evahelda, E., & Agustina, F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: UMKM Toko Pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah). Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 115–129.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas : 19(3), 320–330.

Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114.
Published
2021-12-20

PlumX Metrics

How to Cite
luklukmukhoyaroh, lukluk. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA CV GANTENG REVOLUTION. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(2), 178-185. https://doi.org/10.46510/jami.v2i2.81