The ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK MINUMAN HERBAL DENGAN METODE ARIMA PADA CV. GENTONG MAS

  • Nanda Nurfadilah Universitas Teknologi Yogyakarta
Abstract views: 258 , PDF downloads: 163
Keywords: Peramalan, Nilai MSE, Arima, Sarima, Holt Winters

Abstract

CV. Gentong Mas terletak di Kampung Sadang Lebak, Situsari, Karangpawitan, Garut. CV. Gentong Mas merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi minuman herbal, produknya dinamakan gentong mas dan guchie mas. Akan tetapi pada penelitian ini, yang akan diteliti hanya produk gentong mas saja. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu permintaan yang tidak stabil dan tidak adanya peramalan untuk periode kedepannya Hal ini dikarenakan CV Gentong Mas putus kontrak kerja sama dengan distributor tunggal PT. Oriya Khazanah Sejahtera. Penyebab putus kontrak tersebut dikarenakan terjadi permasalahan di PT Oriya Khazanah Sejahtera sendiri.  Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA), Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA) dan Holt-Winters sebagai pembanding. tiga Metode tersebut digunakan untuk mengetahui hasil peramalan mana yang terbaik untuk 1 tahun mendatang, terhitung sejak September 2020 hingga Agustus 2021. Hasil peramalan ini di lihat dari 2 aspek, yaitu Nilai MSE (Mean Squared Error) terkecil dan uji validasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui Nilai MSE terkecil yaitu metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA) dengan nilai MSE sebesar 4,705,580. Akan tetapi ketika di uji validasi, hasil peramalan yang paling mendekati permintaan sebenarnya selama 4 periode (bulan) yaitu metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA).  Berdasarkan hasil pengolahan data peramalan menggunakan aplikasi minitab, perbandingan nilai MSE dan uji validasi hasil peramalan menunjukkan bahwa metode terbaik ialah metode arima. Karena hasil peramalannya mendekati hasil permintaan yang sebenarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, A., & Aminullah, H. (2017). Peramalan Volume Penjualan Kedelai Pt. X Menggunakan Metode Arima Box-Jenkins.

Akolo, I. R. (2019). Perbandingan Exponential Smoothing Holt-Winters Dan Arima Pada Peramalan Produksi Padi Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Technopreneur (JTech), 7(1), 20–26.

Brand, M. S. (2017). Penjualan Sepatu Merek ‘Nike’ Dengan Metode Autoregressive Intregated Moving Average. 251–258.

Buchori, M., & Sukmono, T. (2019). Peramalan Produksi Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) di PT. XYZ. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 2(1), 27.

Hendayanti, N. P. N., & Nurhidayati, M. (2020). Perbandingan Metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA) dengan Support Vector Regression (SVR) dalam Memprediksi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Bali. Jurnal Varian, 3(2), 149–162.

Hernandez, C., Giral, D., & Martinez, F. (2018). Radioelectric Spectrum Prediction based in ARIMA and SARIMA Time. 13(22), 15688–15695.

Jatmiko, Y. A., Rahayu, R. L., & Darmawan, G. (2017). Perbandingan Keakuratan Hasil Peramalan Produksi Bawang Merah Metode Holt-Winters Dengan Singular Spectrum Analysis (Ssa). Jurnal Matematika “MANTIK,” 3(1), 13.

Nofiyanto, A., Nugroho, R. A., & Kartini, D. (2015). Peramalan Permintaan Paving Blok Dengan Metode ARIMA. Proceedings Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika (KNS\&I), 9, 54–59.

Pamungkas, M. B. (2019). Aplikasi Metode Arima Box-Jenkins Untuk Meramalkan Kasus Dbd Di Provinsi Jawa Timur. The Indonesian Journal of Public Health, 13(2), 183.

Pongdatu, G. A. N., & Putra, Y. H. (2018). Seasonal Time Series Forecasting using SARIMA and Holt Winter’s Exponential Smoothing. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 407(1).

Rahman, D., Sumarjaya, I. W., & Sukarsa, I. K. G. (2018). Perbandingan Peramalan Hasil Produksi Ikan Menggunakan Metode Permulusan Eksponensial Holt-Winters Dan Arima. E-Jurnal Matematika, 7(4), 371.

Yonathan, T., Kusuma, T., Praharani, S., & Asmoro, N. (2017). Peramalan Permintaan Produk Sarung Tangan Golf Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (Arima) Di Pt. Adi Satria Abadi. Industry Xplore, 02(01), 13–22.

Zulhamidi, & Hardianto, R. (2017). Peramalan Penjualan Teh Hijau Dengan Metode Arima (Studi Kasus Pada Pt. Mk). Jurnal PASTI, XI (3), 231–244.
Published
2021-12-22

PlumX Metrics

How to Cite
Nurfadilah, N. (2021). The ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK MINUMAN HERBAL DENGAN METODE ARIMA PADA CV. GENTONG MAS. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(2), 227-223. https://doi.org/10.46510/jami.v2i2.85