ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN BISNIS DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA UMKM KIFA BAKERY

BUSINESS MODEL CANVAS

Abstract views: 69 , PDF downloads: 41
Keywords: UMKM, COVID-19, Business Model Canvas, SWOT

Abstract

Objektif. UMKM Kifa Bakery merupakan industry rumahan yang bergerak dibidan pengolahan pangan. Salah satu produk yang dipasarkan adalah aneka jenis roti. Target pemasaran UMKM Kifa Bakery yang berfokus pada roti ekonomis pada acara hajatan yang dijalankan dengan sistem pre order, namun dengan adanya peraturan pemerintah dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat omset penjualan mengalami penurunan.  Untuk mengetahui  model bisnis UMKM Kifa Bakery  menggunakan  Business Model Canvas (BMC) melalui pengujian SWOT dan untuk mendapatkan strategi yang sesuai.

Material and Metode. Secara umum Business Model Canvas dikembangkan dngan mempertimbangkan 9 blok utama (costumer segment, value propostion, channel, costomer relationship, revenue stream, key resourcess, key activiies, key patnership, dan cost strukture) yang terangkum dalam 1 lembar kanvas, untuk kemudian dilakukan analisis SWOT dalam rangka menyusun factor-faktor strategis UMKM Kifa Bakery.

Hasil.  Hasil penelitian Business Model Canvas ini menunjukan penerapan strategi baru pada elemen costomer relationship ditambahkan diskon 5% untuk cake hidangan yang berlaku saat weakend sebagai dasar melakukan analisis kualitatif yang menghasilkan strategi agresif yang harus dikembangkan.

Kesimpulan. UMKM Kifa Bakery harus memformulakasikan kembali secara lebih fokus terhadap costomer segment yang didukung dengan penciptaan value propostion, diperkuat costomer relationship dan channel. Berdasarkan analisis SWOT UMKM Kifa Bakery disarankan untuk melakukan strategi progresif dengan menmanfaatkan kekuatan internal UMKM untuk mendapatkan keuntungan dari peluang eksternal. Artinya dalam situasi covid-19 saat ini UMKM harus terus berjalan atau tidak berhenti. Temuan ini adalah BMC dapat digunakan untuk mendiskripsikan strategi hasil analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candraningrat, Dhika Yuan Yurisma, and Siti Mujanah. 2021. “Pengembangan Strategi Bisnis Melalui Bmc ( Business Model Canvas ) Dan Strategi Pemasaran Bagi Umkm Sari Delight Surabaya.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):17–24.
Ermaya, Sir Kalifatullah, and Nana Darna. 2019. “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk).” Business Management and Entrepreneurship Journal 1(3):207–10.
Harfiani, Rizka, and Munawir Pasaribu. 2019. “Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran PAUD).” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan 1(1):200–208.
Haripatworo, Lucia, and Bernadeta Irmawati. 2020. “Analisis Bussiness Model Canvas Pt. Dhenara Prima Mandiri.” 4–11.
Hartatik, ., and Teguh Baroto. 2017. “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas.” Jurnal Teknik Industri 18(2):113. doi: 10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120.
Purwantoro, Purwantoro. 2019. “Evaluasi Pengembangan Umkm Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Busines Model Canvas.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 4(2):165–74. doi: 10.29407/nusamba.v4i2.12977.
Suhery, Et. 2020. “Jurnal Inovasi Penelitian.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):1–4.
Wardhanie, Ayouvi Poerna, and Deasy Kumalawati. 2018. “Analisis Business Model Canvas Pada Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi.” Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 14(2):124. doi: 10.22146/bip.32247.
Widharta, W. .., and S. Sugiharto. 2013. “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai.” Dictionary of Marketing Communications 2(1):1–15. doi: 10.4135/9781452229669.n3693.
Wisnubroto, Petrus, and Joao Mario Freitas. 2013. “Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method.” Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method 1(1):161–68.
Published
2022-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Arif, H., & Y. Anton Nugroho. (2022). ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN BISNIS DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA UMKM KIFA BAKERY: BUSINESS MODEL CANVAS. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.46510/jami.v3i1.92
Section
Articles