Optimasi Penempatan Tea Utensil dalam Nioh 2 Menggunakan Multiobjective NSGA-II

  • Ibnu Athaillah Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar https://orcid.org/0000-0001-5859-7813
  • M. Mujiono Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Abstract views: 140 , PDF downloads: 59
Keywords: video game, agloritma genetik, optimisasi, multi objektif

Abstract

Objektif.  Dalam game komersial Nioh 2, terdapat sebuah mekanisme pemgembangan karakter yang bernama Tea Set. Mekanisme permainan ini menuntut pemain untuk mencari kombinasi empat Tea Utensil untuk memaksimalkan serangkaian bonus. Pada penelitian ini, percobaan dilakukan untuk mencari cara alternatif untuk memudahkan pemain mencari kombinasi yang tepat. Kriteria Tea Set yang baik tidak hanya ditandai dengan nilai-nilai bonus yang tinggi, tapi juga harus seimbang.

Material and Metode.  Permasalahan ini dapat dikategorikan sebagai permasalahan multiobjective. Non-dominated Sorting Genetic Algorithm (NSGA-II) diusulkan sebagai algoritma untuk mencari kombinasi Tea Set untuk menghasilkan bonus yang kuat dan seimbang. Dalam game, sudah terdapat menu untuk mencari kombinasi tea set secara otomatis.

Tetapi tea set yang diberikan oleh menu tersebut terkadang memiliki kelemahan. Tea set yang dihasilkan oleh algoritma dibandingkan dengan hasil oleh menu tersebut.

Hasil.  Ketika dibandingkan, tea set yang dihasilkan oleh algoritma cenderung lebih rendah pada nilai yang diprioritaskan. Akan tetapi nilai-nilai bonusnya lebih merata dan konsisten dibanding tea set dari menu yang terkadang mengabaikan nilai yang lain. Selain itu dalam nilai total, nailai bonus dari algoritma sering kali lebih tinggi.

Kesimpulan.  Dalam kegiatan mengembangkan karakter, algortima ini dapat menjadi metode alternatif untuk mengoptimalkan kombinasi tea set. Implementasi dalam game juga dimungkinkan karena algoritma yang tergolong cepat ini tidak akan memberatkan komputasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Zhang, G. Zhang, and X. Huang, “A survey of procedural content generation for games,” in 2022 International Conference on Culture-Oriented Science and Technology (CoST), 2022, pp. 186–190.
G. K. Sepulveda, F. Besoain, and N. A. Barriga, “Exploring dynamic difficulty adjustment in videogames,” in 2019 IEEE CHILEAN Conference on Electrical, Electronics Engineering, Information and Communication Technologies (CHILECON), 2019, pp. 1–6.
C. Gao, H. Shen, and M. A. Babar, “Concealing jitter in multi-player online games through predictive behaviour modeling,” in 2016 IEEE 20th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design (CSCWD), 2016, pp. 62–67.
KOEI TECMO Games, “Nioh 2 - Completed Edition,” Team Ninja, 2020, Windows, Playstation. [Online]. Available: https://teamninja- studio.com/nioh2
TeamNINJA Studio, “The nioh franchise has now surpassed 7 million units shipped worldwide!” 2022. [Online]. Available: https://teamninja-studio.com
Metacritic, “Nioh 2 completed edition for pc reviews,” Fandom Company, 2021, diakses: 1-3-2023. [Online]. Available: https://metacritic.com/game/pc/nioh-2-the-complete-edition
K. Deb, A. Pratap, S. Agarwal, and T. Meyarivan, “A fast and elitist multiobjective genetic algorithm: Nsga-ii,” IEEE Transactions on Evolutionary Computation, vol. 6, no. 2, pp. 182–197, 2002.
I. Millington, AI for Games, Third Edition, 3rd ed. CRC Press, 2019.
I. Athaillah, S. M. S. Nugroho, and M. Hariadi, “Nsga-ii for city building placement optimization in the turn-based game civilization vi,” in 2019 12th International Conference on Information and Communication Technology and System (ICTS), 2019, pp. 60–64.
Y. Yang, J.-f. Wu, X.-b. Zhu, and J.-c. Wu, “A hybrid evolutionary algorithm for finding pareto optimal set in multi-objective optimization,” in 2011 Seventh International Conference on Natural Computation, vol. 3, 2011, pp. 1233–1236.
P. Dhal and C. Azad, “A multi-objective evolutionary feature selection approach for the classification of multi-label data,” in 2022 2nd International Conference on Advance Computing and Innovative Technologies in Engineering (ICACITE), 2022, pp. 1986–1989.
Published
2023-04-14

PlumX Metrics

How to Cite
Ibnu Athaillah, & M. Mujiono. (2023). Optimasi Penempatan Tea Utensil dalam Nioh 2 Menggunakan Multiobjective NSGA-II. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 3(2), 247 - 257. https://doi.org/10.46510/jami.v3i2.133