Pengaruh Metode Game Based Learning Pada Mata Kuliah Agama Islam Terhadap Interpersonal Dan Intrapersonal Skills Mahasiswa

  • Muchamad Saiful Muluk Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Ibnu Athaillah Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Abstract views: 5 , PDF downloads: 5
Keywords: Game based learning, interpersonal skills, intrapersonal skills

Abstract

Tujuan. Dalam menyongsong era society 5.0, pendidikan tinggi melalui kegiatan tri dharma-nya dituntut untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mumpuni dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya, tetapi juga mempunyai rasa percaya diri atas keilmuannya dan memiliki kapasitas attitude yang baik. Salah satu langkah mewujudkannya adalah melalui mata kuliah pengembang kepribadian, seperti mata kuliah Agama Islam. Fokus penelitian ini adalah melihat pengaruh penerapan metode game based learning terhadap interpersonal skills dan intrapersonal skills mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.

Material dan Metode. Jumlah sampel (n) = 48 responden dari populasi (N)= 120 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan google form, dan dianalisis menggunakan software SmartPLS versi 3.0 dengan analisis SEM (Structural Equation Modelling) berdasarkan output Iner Model dan Outer Model.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan variable game based learning terhadap interpersonal skills dengan nilai path coefficient 0,674, dan intrapersonal skills dengan nilai path coefficient 0,746.

Kesimpulan. Hal ini mengindikasikan adanya sumbangan pengaruh penerapan metode game based learning dalam mata kuliah Agama Islam terhadap interpersonal skills sebanyak 67,4% dan intrapersonal skills sebanyak 74,6%, sehingga metode game based learning dapat diterapkan dalam mata kuliah pengembang kepribadian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, F. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Siswa SMAN 1 Grobogan. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(1), 56–63.
Cangur, S., & Ercan, I. (2015). Comparison of Model Fit Indices Used in Structural Equation Modeling Under Multivariate Normality. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 14(1), 152–167.
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Square Aproach to Structural Equation Modeling. Lawrance Erlbaum Associates Publisher.
Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. ISTIQRA’, 2(1), 86–99. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Education Rankings by Country. (2023). Wisevoter. https://wisevoter.com/country-rankings/education-rankings-by-country/
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27–36.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi Revisi (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71–85. https://doi.org/10.22146/BULETINPSIKOLOGI.30988
Juliani, W. I., & Widodo, H. (2019). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65–74. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/3678/1221
Kasiram, M. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif - Kuantitatif (II). UIN Maliki Press.
Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi, 3(1), 39–59.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagodi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Legatum Institute Fondation. (2023). Indonesia. The Legatum Prosperity Index. https://www.prosperity.com/globe/indonesia
Manara, M. U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v9i1.231
Marlinah, L. (2019). Pentingnya Peran Perguruan Tinggi dalam Mencetak SDM yang Berjiwa Inovator dan Technopreneur Menyongsong Era Society 5.0. Jurnal IKRA-ITH Ekonomica, 2(3), 17–25.
Maulidah, N., & Santoso, A. (2012). PERMAINAN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIPLE INTELLIGENCE (VISUAL-SPASIAL DAN INTERPERSONAL). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 27–47. https://doi.org/10.29080/JBKI.2012.2.1.27-47
Muhdi. (2014). Posisi Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum Menurut SK Dirjen Dikti No. 43 & 44 Tahun 2006 (Sebuah Pemikiran tentang Langkah Implementasi Peran). Jurnal INTEKNA, 14(1), 1–6.
Mulbar, U., Arwadi, F., & Assagaf, S. F. (2019). The Influences of Intrapersonal Intelligence and Interpersonal Intelligence towards Students’ Mathematics Learning Outcomes. https://doi.org/10.2991/ICAMR-18.2019.54
Muniroh, S. M. (2009). PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK. Jurnal Penelitian, 6(1). https://doi.org/10.28918/JUPE.V6I1.218
Nasehudin. (2016). MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PROSES PENDIDIKAN. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.24235/EDUEKSOS.V4I2.656
Nurul, S., & Mohamad, M. (2018). Gamification Approach in Education to Increase Learning Engagement. International Journal of Humanities, Arts and Social Sciences, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.20469/ijhss.4.10003-1
Oviyanti, F. (2017). URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU. Tadrib, 3(1), 75–97. https://doi.org/10.19109/TADRIB.V3I1.1384
Romdloni, M., Saiban, K., & Hazin, M. (2021). Problematika Pendidikan Tinggi, Kurikulum dan Pendidik di Indonesia (Studi Analisis Kualitas Sistem Pendidikan Indonesia). AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 116–125.
Saigian, H. F. A. S. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/16023/Mengenal-Revolusi-Industri-50.html
Schrader, P. G., & McCreery, M. (2012). Are all games the same? Assessment in Game-Based Learning: Foundations, Innovations, and Perspectives, 11–28. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3546-4_2
Situmorang, S. H., & Luthfi, M. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis (3rd ed.). USU Press.
Sofiana, L., Amanda, K. Z., Nasution, U. H., Azzahra, S. K., & Khadijah. (2022). Pengembangan Permainan Bermain Peran dalam Mengembangkan Intrapersonal dan Interpersonal AUD di RA Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1240–1245.
Sousa, M. J., & Rocha, A. (2017). Game Based Learning Contexts for Soft Skills Development. WorldCIST 2017: Recent Advances in Information Systems and Technologies, 931–940. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-56538-5_92
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter dan Pendidikan yang Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 43–51. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/333
Utami, A. D. (2012). PENINGKATAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT APPROACH. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(2), 138–152. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/3668
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/J.JS.2020.V10.I3.P198-206
Published
2024-12-31

PlumX Metrics

How to Cite
Muchamad Saiful Muluk, & Ibnu Athaillah. (2024). Pengaruh Metode Game Based Learning Pada Mata Kuliah Agama Islam Terhadap Interpersonal Dan Intrapersonal Skills Mahasiswa. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(2), 83 - 92. https://doi.org/10.46510/jami.v5i2.310