Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia memegang peran krusial dalam pengembangan kreativitas dan literasi siswa. Namun, pendekatan konvensional dalam pembelajaran seringkali kurang efektif dalam merangsang kreativitas dan meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi potensi Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan kreativitas dan literasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini melibatkan studi literatur yang mendalam untuk memahami peran AI dalam konteks pendidikan bahasa, serta analisis terhadap berbagai alat dan metode AI yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar dalam merangsang kreativitas siswa melalui berbagai alat seperti pembuat cerita dan pembuat puisi berbasis AI, serta dalam meningkatkan literasi siswa melalui penyediaan umpan balik yang tepat waktu dan personalisasi, serta akses ke sumber daya pembelajaran yang beragam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi tantangan dalam pengembangan kreativitas dan literasi siswa. Dengan memanfaatkan teknologi AI, pembelajaran bahasa Indonesia dapat menjadi lebih dinamis, interaktif, dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Damanik, S. A., Budiyono, H., & Harjono, H. S. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMA. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i1.9719
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Dalam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2180–2187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21623
Hasni, Batusalu, E., & Kambira, J. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan Ai Sebagai Asisten Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 3(3), 84–96.
Hidayat, M. R. (2022). Peningkatan kreatifitas pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Tingkat Dasar Melalui Project Learning Berbasis Merdeka Belajar. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 90. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2069
Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi Pendidikan : Artificial Iintelligence Di Pendidikan Tinggi. Prosiding Nasional 2023, 205–215.
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3304
Putri Supriadi, S. R. R., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192–198. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036
Putri, V. A., Carissa, K., Sotyawardani, A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630.
Tundreng, S., Kadaruddin, K., Abin, R., Syam, H., & Pratiwi, A. (2023). Strategi pembelajaran bahasa berbantukan kecerdasan buatan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 626. https://doi.org/10.29210/020233183
Copyright (c) 2024 Hindra Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License