ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA KARANGAN ESAI MAHASISWA AKN PUTRA SANG FAJAR BLITAR

  • Hindra Kurniawan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Abstract views: 92 , PDF downloads: 33
Keywords: Keterampilan menulis, kesalahan berbahasa, esai, pedoman umum ejaan bahasa Indonesia

Abstract

Objektif. Keterampilan menulis menjadi salah satu indikator penguasaan bahasa seseorang. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kaidah lingusitik secara baik dan benar. Kesalahan penulisan dapat menyebabkan terjadinya salah pemahaman atau kesulitan dalam memahami masud yang disampaikan penutur. Kesalahan terbagi menjadi error (kesalahan) dan mistake (kekeliruan). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan perbaikan pada kesalahan berbahasa dalam keterampilan menulis esai.

Material and Metode.   Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.  Objek penelitian ini adalah esai yang ditulis oleh mahasiswa kelas Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia dengan tema “Kehidupan  Bermasyarakat di Kota Blitar”. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang berperan sebagai penganalisis dalam proses pemilahan data, pembahasan,  dan penarikan simpulan. Teknik uji  validitas data menggunakan triangulasi  teori  dan  triangulasi sumber data. Teknik  analisis  data penelitian ini menggunakan model interaktif mengacu pada Teori Miles dan Huberman (1984).

Hasil. Data yang diperoleh bersumber dari 20 teks esai. Terdapat temuan kesalahan berbahasa dengan total 308 kesalahan, yaitu (1) kesalahan pemakaian huruf sejumlah 120 data (40%); (2) kesalahan penulisan kata sejumlah 95 data (30%); (3) kesalahan tanda baca sejumlah 79 data (26%); dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan 14 data (4%).

Kesimpulan Berdasarkan temuan tersebut diperlukan upaya dari dosen pengampu untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan kesadaran mahasiswa terkait penulisan esai yang sesuai dengan standar Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan diperlukan adanya umpan balik sebagai bentuk koreksi kesalahan berbahasa agar tidak terulang kembali dikemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia.
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.
Dewi Nur Rosyida, I. Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Penulisan Surat Undangan Tidak Resmi Siswa Kelas VC Sdn Krian 03 Sidoarjo (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER).
DEWI, A. S. (2014). Perancangan City Branding Kota Tegal Untuk Meningkatkan Wisatawan Melalui Bahasa Tegal (Doctoral dissertation, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata).
Indonesia, T. P. P. B. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 136-149.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi COVID-19. 3M Media Karya.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pres.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495-2504.
Nurwicaksono, B.D. & Diah Amelia. (2018) Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (2) 138-153
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif.
Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705-717.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherdi, D. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Bahasa.. Bandung.
Supriani, Reni & Ida Rahmadani s. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura. Vol 3 no 2.
Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.
Zaim, M. (2014). Metode penelitian bahasa: Pendekatan struktural.
Published
2022-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Hindra Kurniawan. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA KARANGAN ESAI MAHASISWA AKN PUTRA SANG FAJAR BLITAR. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.46510/jami.v3i1.94
Section
Articles