ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA KARANGAN ESAI MAHASISWA AKN PUTRA SANG FAJAR BLITAR
Abstract
Objektif. Keterampilan menulis menjadi salah satu indikator penguasaan bahasa seseorang. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kaidah lingusitik secara baik dan benar. Kesalahan penulisan dapat menyebabkan terjadinya salah pemahaman atau kesulitan dalam memahami masud yang disampaikan penutur. Kesalahan terbagi menjadi error (kesalahan) dan mistake (kekeliruan). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan perbaikan pada kesalahan berbahasa dalam keterampilan menulis esai.
Material and Metode. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Objek penelitian ini adalah esai yang ditulis oleh mahasiswa kelas Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia dengan tema “Kehidupan Bermasyarakat di Kota Blitar”. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang berperan sebagai penganalisis dalam proses pemilahan data, pembahasan, dan penarikan simpulan. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif mengacu pada Teori Miles dan Huberman (1984).
Hasil. Data yang diperoleh bersumber dari 20 teks esai. Terdapat temuan kesalahan berbahasa dengan total 308 kesalahan, yaitu (1) kesalahan pemakaian huruf sejumlah 120 data (40%); (2) kesalahan penulisan kata sejumlah 95 data (30%); (3) kesalahan tanda baca sejumlah 79 data (26%); dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan 14 data (4%).
Kesimpulan Berdasarkan temuan tersebut diperlukan upaya dari dosen pengampu untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan kesadaran mahasiswa terkait penulisan esai yang sesuai dengan standar Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan diperlukan adanya umpan balik sebagai bentuk koreksi kesalahan berbahasa agar tidak terulang kembali dikemudian hari.
Downloads
References
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.
Dewi Nur Rosyida, I. Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Penulisan Surat Undangan Tidak Resmi Siswa Kelas VC Sdn Krian 03 Sidoarjo (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER).
DEWI, A. S. (2014). Perancangan City Branding Kota Tegal Untuk Meningkatkan Wisatawan Melalui Bahasa Tegal (Doctoral dissertation, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata).
Indonesia, T. P. P. B. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 136-149.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi COVID-19. 3M Media Karya.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pres.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495-2504.
Nurwicaksono, B.D. & Diah Amelia. (2018) Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (2) 138-153
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif.
Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705-717.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherdi, D. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Bahasa.. Bandung.
Supriani, Reni & Ida Rahmadani s. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura. Vol 3 no 2.
Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.
Zaim, M. (2014). Metode penelitian bahasa: Pendekatan struktural.
Copyright (c) 2022 Hindra Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License