Prototype Pemantauan Kebocoran Gas LPG dan Kebakaran di Dapur Rumah Tangga

  • Ni'ma Kholila Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar https://orcid.org/0000-0002-9065-8783
  • Prabowo Budi Utomo Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Adimas Ketut Nalendra Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Dona Wahyudi Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Abstract views: 94 , PDF downloads: 81
Keywords: Pemantauan, Gas LPJ, Asap, Api

Abstract

Tujuan. Banyak orang tidak menyadari bahwa di dalam rumah juga terdapat potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera pada penghuninya. Seringkali penghuni rumah abai terhadap potensi bahaya dan risiko di dalam rumah. Salah satu potensi bahaya dan risiko di dalam rumah tangga berasal dari dapur. Kebocoran gas LPG dan kebakaran merupakan potensi bahaya yang berasal dari dapur. Sayangnya, masih sangat sedikit rumah tangga yang memiliki perangkat mitigasi, khususnya untuk dapur rumah tangga. Prototype Pemantauan Kebocoran Gas LPG dan Kebakaran ini di Dapur Rumah Tangga ini, diharapkan mampu mengurangi risiko kebakaran akibat kebocoran gas LPG dan kelalaian penggunaan kompor.

Material dan Metode. Prototype dalam penelitian ini terdiri atas alat pendeteksi gas LPG, asap, dan api; kontrol pompa air dan katup solenoid; serta antarmuka pengguna berbasis mobile menggunakan blynk. Hasil deteksi alat dikirimkan oleh mikrokontroller melalui server blynk dan ditampilkan dalam antarmuka pengguna berbasis mobile. Jika nilai deteksi melebihi nilai normal (dalam dapur), maka alat pendeteksi akan mengaktifkan buzzer dan lampu LED. Jika nilai gas LPG terdeteksi melebihi 200 ppm, maka katup selenoid akan diaktifkan secara otomatis. Jika nilai asap terdeteksi melebihi 610 ppm dan api terdeteksi melebihi 500 nm, maka pompa air akan diaktifkan secara otomatis. Kesemua aktifitas tersebut ditampilkan dalam OLED display juga dalam antarmuka pengguna berbasis mobile.

Hasil. Prototype diuji coba dalam beberapa skenario pengujian untuk memastikan alat mampu mendeteksi gas LPG, asap, dan api pada kondisi normal maupun kondisi tidak normal. Uji coba juga dilakukan untuk memastikan aktuator dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Antarmuka pengguna berbasis mobile juga dipastikan mampu menampilkan informasi hasil deteksi alat sebagai bagian dari pemantauan dan sistem kontrol terhadap fungsi aktuator.

Kesimpulan. Prototype ini dapat dimanfaatkan sebagai perangkat mitigasi khususnya di dapur rumah tangga. Mitigasi dilakukan dengan pemantauan gas LPG, asap, dan api melalui alat deteksi. Hasil pemantauan dikirimkan dan ditampilkan melalui antarmuka pengguna berbasis mobile. Jika hasil pemantauan menunjukkan kondisi tidak normal, maka fungsi aktuator akan diaktifkan secara otomatis hingga kondisi kembali normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belajar IoT Dengan Memahami Aktuator. (2024, 7). Indobot Academy. Retrieved from https://indobot.co.id/belajar-iot-dengan-memahami-aktuator/
Chaudhary, B. (2022, 8). MQ2 Gas Sensor – Working & Its Applications. SemiconductorForYou. Retrieved from https://www.semiconductorforu.com/mq2-gas-sensor-working-its-applications/
Home Cooking Fires. (2023, 9). NFPA Research. Retrieved from https://www.nfpa.org/education-and-research/research/nfpa-research/fire-statistical-reports/home-cooking-fires
Introduction. (2024, 5). Blynk.Documentation. Retrieved from https://docs.blynk.io/en
Jaya, A., Nurapipah, A., Syahbani, F., & Nizar, K. (2021). Pengenalan Dan Pengendalian Bahaya Pada Lingkungan Rumah Tangga Kepada Masyarakat Di Desa Mekarsari. ADIBRATA JURNAL, 3(1), 122-129.
Maulana, K. (2022, 12). Apa Itu ESP32, Salah Satu Modul Wi-Fi Poppuler. Retrieved from https://www.anakteknik.co.id/krysnayudhamaulana/articles/apa-itu-esp32-salah-satu-modul-wi-fi-poppuler
Nalendra, A., Wahvudi, D., Mujiono, M., Nur Fuad, M., & Kholila, N. (2022). IoT-Agri: IoT-based Environment Control and Monitoring System for Agriculture. 2022 7th International Conference on Informatics and Computing, ICIC 2022.
Pamungkas, D., Setiawan, A., & Widiyanto, A. (2024, 1). Design of Arduino-based LPG Gas Leak Detection Tool using MQ-6 Sensor. Innovation, Technology, and Entrepreneurship Journal, 1(1), 21-27.
Ristanti, N., & Pradana, R. (2022). Penggunaan Metode Threshold Dalam Pembuatan Sistem Pendeteksi Asap Dan Api Dengan Berbasis Firebase Dan Android Menggunakan Nodemcu Pada BJ House 77. Jurnal TICOM: Technology of Information and Communication, 11(1), 44-49.
Seni, W., Kala, P., Karma, T., Raisah, P., Zahara, H., Idroes, G., . . . Rukmana, S. (2023). Penyuluhan Penanggulangan Kebakaran Kompor Gas Menggunakan . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BANGS, 1(6), 716-724.
Utama, Y. A., Widianto, Y., Hari, Y., & Habiburrahman, M. (2019, 2). Design of Weather Monitoring Sensors and Soil Humidity in Agriculture Using Internet of Things (IoT). Transactions on Machine Learning and Artificial Intelligence, 7(1).
Wagyana, A., & Rahmat. (2019). Prototipe Modul Praktik untuk Pengembangan Aplikasi Internet of Things (IoT). Jurnal Ilmiah Setrum Article In Press, 8(2), 238-247.
Published
2024-06-30

PlumX Metrics

How to Cite
Kholila, N., Prabowo Budi Utomo, Adimas Ketut Nalendra, & Dona Wahyudi. (2024). Prototype Pemantauan Kebocoran Gas LPG dan Kebakaran di Dapur Rumah Tangga. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 55 - 60. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.301
Section
Articles