Penggunaan Google Classroom dalam Diskusi Online

  • Joko Prayudha.S University of Bengkulu
Abstract views: 216 , PDF downloads: 127
Keywords: Covid 19, Google Classroom, Diskusi Online

Abstract

Objektif. Adanya pandemi Covid 19 yang telah menyebar keseluruh dunia telah menghentikan banyak aktifitas manusia. Salah satu sektor yang paling berdampak atau terhenti ialah sektor pendidikan. Sekolah dan perguruan tinggi menutup akses mereka untuk diadakannya pendidikan secara tatap muka, sehingga menyebabkan beralihnya pengajaran tatap muka dengan menggunakan sistem virtual atau lebih dikenal dengan pembelajaran secara online atau daring. Pembelajaran secara online atau daring merupakan satu-satunya alternatif ditengah merebaknya virus mematikan tersebut, sehingga  menuntut guru maupun siswa untuk pandai dalam memanfaatkan teknologi dalam menunjang pendidikan. Pembelajaran online atau daring artinya harus siap memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang mendukung pembelajaran secara online tersebut. Salah satu teknologi yang digunakan ialah menggunakan internet yang terhubung dengan komputer atau handphone dimana terdapat banyak aplikasi atau platform pembelajaran yang dapat digunakan. Salah satunya ialah menggunakan Google Classroom, aplikasi ini merupakan fitur belajar dari perusahaan besar Google yang sangat bermanfaat dalam belajar ditengah pandemi Covid 19 ini.  Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan persepsi siswa  terhadap Google Classroom dalam diskusi online.

Material and Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah total sampling dengan mengamati percakapan belajar siswa selama menggunakan Google classroom kemudian kuisioner diberikan untuk mengetahui pendapat siswa terkait penggunaan Google Classroom dalam diskusi online. Kemudian data yang didapatkan di interpretasikan dan dijabarkan sesuai dengan kondisi nyata  yang ada.  

Hasil. Dalam diskusi online yang telah dilakukan menggunakan Google Classroom mengindikasikan bahwa partisipasi siswa dalam diskusi online selalu meningkat dan memberikan tanggapan saat berdiskusi. Selain itu juga hasil yang diberikan melalui kuisioner menunjukan penggunaan Google Classroom memberikan dampak positif dalam penggunaannya selama pembelajaran online atau daring akibat pandemi Covid 19.

Kesimpulan. Diskusi online dengan menggunakan Google Classroom memberikan cara baru dalam belajar ditengah pandemi Covid 19 ini. Pemanfaatan aplikasi ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar terutama dalam berdiskusi secara online. Oleh karena itu, pengunaan Google Classroom sangat menunjang kegiatan diskusi online selama belajar secara online atau daring ditengah pandemi Covid 19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA


Altun, Mustafa. (2015). Investigating the Role of ICT In Teaching English at the Tertiary Level. International Journal of Humanities and Cultural Studies, Volume 3 June, Issue 1. 2016.

Ashton College. (2020). Introduction to Google Classroom. Retrieved March, 12, 2021, from https://www.ashtoncollege.ca/introduction-to-google-classroom/

Bakia, Shear, Toyama & Lasseter. (2012). Understanding the Implication of Online Learning For Educational Productivity. Washington: U.S. Department of Education.

Ferriman, J. (2019). Characteristic of a Virtal Classroom. 16.

Merriam, S., B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey Bass Willy Imprint.

Patrick & Powell. (2009). A Summary of Research on the Effectiveness of K-12 Online Learning. Inacol. June 2009.

Rajab, M. (2020). Pendidikan di Tengah Pusaran Wabah Corona. https://news.com/kolom/d-4945590/pendidikan-di-tengah-pusaran-wabah-corona

Reimers, F. (2020). Supporting the Continuation of Teaching and Learning During Covid 19 Pandemic. OECD Journal.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Teach Thought. (2020). The Benefits of Blended Learning. Retrieved March, 12, 2021, from: https://teachthought.com/technology/the-benefits-of-blended-learning/

Xu & Jaggars. (2013). Examining the Effectiveness of Online Learning Within a Community College System: An Instrumental Variable Approach. Community College Research Center. Teacher College, Columbia University.
Published
2021-06-29

PlumX Metrics

How to Cite
Joko Prayudha.S. (2021). Penggunaan Google Classroom dalam Diskusi Online. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 36-43. https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.57
Section
Articles