ANALISA POTENSI PASAR TERHADAP PRODUK OLAHAN TELUR DITINJAU DARI ASPEK PERMINTAAN PASAR

  • Adiguna Utama Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Shanti Ike Wardani
  • Rani Normawati
Abstract views: 1846 , PDF downloads: 757
Keywords: Potensi Pasar, Produk Olahan Telur

Abstract

 

Objektif. Wilayah Blitar Raya merupakan salah satu daerah penghasil telur di Indonesia dengan kontribusi sekitar 70% terhadap produksi telur Jawa Timur dan 30% produksi telur nasional. Penelitian ini bertujuan untuk  melihat potensi pasar terhadap produk olahan telur ditinjau dari aspek permintaan pasar.

Material and Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan market research. Subjek peneliian menggunakan produk olahan telur, sedangkan objeknya menggunakan konsumen produk telur di wilayah Jabodetabek dan Gerbang Kertasusila. Kuesioner dalam bentuk google form yang disebar menggunakan Whatsapp Group maupun media sosial lainnya.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi pasar terkait dengan produk olahan telur memiliki pangsa pasar yang cukup baik dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap produk olahan telur sehingga masih memiliki peluang dalam pengembangan usaha produk olahan telur di pasaran seiring berkembangnya dunia bisnis. Permintaan konsumen yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor seperti minat konsumen untuk mengkonsumsi produk, harga produk dan berbagai macama alasan ketertarikan dalam mengkonsumsi produk olahan telur.

Kesimpulan. Potensi pasar terhadap produk olahan telur masih memiliki peluang yang cukup besar dalam pnegembangannya dikarenakan permintaan konsumen masih tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya usaha yang memunculkan inovasi dan kreativitas para produsen untuk menyajikan produk olahan telur dalam kemasan dan juga kualitas yang baik agar tetap bertahan di tengah persaingan dunia bisnis saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Driantoro, M. T. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Telur Gulung (Kasus: Jajanan Telur Gulung di Kota Medan). Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.
Fausayana, I., & Marzuki, M. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Kota Kendari dan Hubungannya dengan Keberdayaan Peternak. Jurnal Sosio Agribisnis, 1, (1), 32-46. https://doi.org/10.33772/jsa.v1i1.1821
Hsu, Y. (2013). The Research for Exploring Product Design Characteristics by SEM via Correlated Innovation and Design Strategy. American Journal of Industrial and Business Management, 03, (01), 8–16. https://doi.org/10.4236/ajibm.2013.31002
Mutmainnah, A. C., Soesanto, H., & Sufian, S. (n.d.). Studi Tentang Pengaruh Kemampuan Merespon Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Penetrasi Pasar Pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 15, (1), 1-11.
Pinto, R. M., Hapsari, T. D., & Hartadi, R. (2016). Kajian Pemasaran Telur Ayam Ras dan Prospek Pengembangannya di Perusahaan Gracia Farm Timor Leste. JSEP, 9, (2), 44-60.
Prathama, R. (2010). Teori Ekonomi Mikro. BPFE UGM.
Siregar, G., & Wati, L. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Agrium, 19, (1), 12–20.
Telur, Produk Unggulan Brebes & Blitar | SWA.co.id. (n.d.). Retrieved June 3, 2020, from https://swa.co.id/swa/listed-articles/telur-produk-unggulan-brebes-blitar
Widyantara, I. N. P., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem). E-Jurnal Manajemen Unud, 6, (7), 3766-3793
Zemlickiene, V., & Maditinos, D. I. (2012). Marketing Strategy Formulation for Innovative Product Development Process. Verslas: Teorija Ir Praktika, 13, (4), 365–374. https://doi.org/10.3846/btp.2012.38
Published
2021-06-29

PlumX Metrics

How to Cite
Utama, A., Wardani, S. I., & Normawati, R. A. (2021). ANALISA POTENSI PASAR TERHADAP PRODUK OLAHAN TELUR DITINJAU DARI ASPEK PERMINTAAN PASAR . JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 13-20. https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.54
Section
Articles