ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH AKADEMI KOMUNITAS (Studi kasus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar)

  • Adiguna Utama Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Abstract views: 315 , PDF downloads: 105
Keywords: Perguruan Tinggi Vokasi, Minat, Calon Mahasiswa

Abstract

Objektif. Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKB) adalah salah satu perguruan tinggi negeri vokasi berbentuk akademi komunitas. AKB masih mengalami kendala terkait jumlah mahasiswa. Meskipun kegiatan promosi telah dilakukan, jumlah mahasiswa baru belum memuaskan. Berdasarakan alasan di atas, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih jauh minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi, jenis pendidikan tinggi yang diminati, serta beberapa variabel lain yang mempengaruhi minat calon mahasiswa di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi, khususnya ke AKB.

Material and Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan kegiatan survey secara daring. Subjek penelitian adalah minat siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, sedangkan objek penelitian adalah siswa-siswi SMA/SMK/Paket C/Sederajat yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar. Kuesioner dalam bentuk google form disebarkan melalui aplikasi Whatsapp ke guru BP dan/atau langsung ke siswa serta media sosial lainnya. 

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat responden di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi adalah cukup besar. Namun minat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi vokasi jenjang D1-D3 terbilang rendah dan hasil survey menunjukkan bahwa responden menginginkan jenjang D4/S1. Responden mendapatkan informasi mengenai AKB dari guru BP/Sekolah dan sosial media serta memutuskan pilihan jurusan lebih berdasarkan keputusan diri sendiri dan sedikit dipengaruhi masukan guru BP dan orang tua. Keberadaan beasiswa merupakan faktor yang mendorong minat untuk melanjutkan pendidikan ke AKB walaupun tidak terlalu signifikan, sementara di sisi lain ketersediaan kelas transfer dan bangunan kampus baru serta fasilitasnya tidak begitu membuat calon mahasiswa baru berminat untuk melanjutkan kuliah ke AKB.

Kesimpulan. Minat responden untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi cukup besar namun sayangnya belum ada lembaga pendidikan tinggi di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar yang mampu memfasilitasi minat dari responden sehingga kegiatan promosi yang dilakukan oleh AKB tidak bisa efektif karena AKB tidak menawarkan program yang sesuai dengan minat calon mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, F. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Pend. Seni Musik-S1, 5(3). Diakses tanggal 2 Februari 2021. https://core.ac.uk/download/pdf/78032975.pdf
Chambali, M., 2010, Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Sukuk Melalui Agen Bank Syariah, IAIN Walisongo, Semarang. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/121/jtptiain-gdl-mochchamba-6006-1-skripsi-p.pdf.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi Offset.
.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2012. Akademi Komunitas. Jakarta: Lokakarya Pengembangan Akademi Komunitas di Hotel Aston Marina
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2013. Panduan Kurikulum Akademi Komunitas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Djati, S. P.,& Darmawan D. 2004.Pengaruh Kesan Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan Mahasiswa PTS Terhadap Minat Mereferensikan Kampusnya. Jurnal Widya manajemen & Akuntansi, Vol. 4 Nomor 2.190-204. Diakses tanggal 24 Januari 2021. https://media.neliti.com/media/publications/220126-pengaruh-kesan-kualitas-layanan-harga-da.pdf
Elfira, Fifi. 2014. Penerapan Analisis Faktor untuk Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Diakses tanggal 26 januari 2021. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7380/1/Fifi%20Elfira.pdf
Harahap, D. A. 2017. Pengaruh Reputasi Universitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Universitas Islam Sumatera Utara. Diakses tanggal 2 Februari 2021. file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/FMI%209%20Semarang%202017_Dedy%20Ansari%20Harahap_Google%20Scholar.pdf
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan (Yogyakarta, Ed.). Andi Offset
Jamaluddin Sawaji, Djabir Hamzah, Idrus Taba. 2011. “An Analysis of Student’s Decision Making to Choose Private Universities in South Sulawes “. Tesis. STMIK Handayani, Makasar. Diakses tanggal 24 Januari. 2021. https://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/93eafc626f1884778a6b787f77c1832b.pdf
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT.Indeks
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 156 Tahun 2014 tentang Pendirian, Organisasi, dan Tata Kerja Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Mardainis, Junadhi dan M. Jamaris. 2019. Analisa Faktor Principal Component Analysis dan Common Factor Analysis untuk Menentukan Minat Calon Mahasiswa Masuk STMIK Amik Riau. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 5, No.2. Diakses tanggal 24 Januari 2021. http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/536
Mao, Junjun. 2010. Customer Brand Loyalty. International Journal of Business and Management. China : Dongbei University of Finance and Economics, 5 (7):213-217
Maghfiroh, N. L. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung: studi kasus pada nasabah BMT An Nur Rewwin Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Diakses tanggal 2 Februari 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/25949/7/Nur%20Laili%20Maghfiroh_G94214179.pdf
Nabawi, Rahmat Azis, Nizwardi Jalinus, dan Syahril. 2018. “Mewujudkan Tujuan Pendirian Akademi Komunitas Melalui Penerapan Model Project Based Learning” dalam Jurnal PTK: Research and Learning in Vocational Education Vol. 1 No. 2 (halaman 51 – 58). Padang: Universitas Negeri Padang.
Nuryadin, M. Teguh, Marijati Sangen dan Siti Aliyati Albusairi.2017. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin”. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 5, Nomor 2. Diakses tanggal 24 Januari 2021. https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/125.
Nurdin, 2011. Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1. Diakses tanggal 25 Januari 2021. https://media.neliti.com/media/publications/17290-ID-pengaruh-minat-baca-pemanfaatan-fasilitas-dan-sumber-belajar-terhadap-prestasi-b.pdf
Malik, A. D. 2017. Analisa faktor–faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berinvestasi di pasar modal syariah melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBIS), 3(1), 61-84. 4693-14295-1-PB (1).pdf
Ulumudin, I. 2015. “Efektivitas Pendirian Akademi Komunitas dalam Mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)” dalam Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 21 No. 1 (halaman 39 – 52). Jakarta: Puslitjak Balitbang Kemdikbud
Presiden Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Rapih, S., Martono, T., & Riyanto, G. 2015. Analisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia, modal sosial dan modal finansial terhadap kinerja UMKM bidang garmen di Kabupaten Klaten Diakses tanggal 4 Februari 2021. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/viewFile/6828/4665
Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Customer Behaviour. Eight Edition.
Santoso,Singgih. 2014. Satistik Multivariat.Jakarta : Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi : Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-11, Bandung: Alfabeta.
Yetti, Rivda. 2009. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol IX. No 1. Diakses tanggal 25 Januari 2021. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/viewFile/118/pdf.
Tujuh Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta. 2020. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/11/190000371/7-tips-memilih-perguruan-tinggi-swasta?page=all
Published
2021-12-31

PlumX Metrics

How to Cite
Utama, A. (2021). ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH AKADEMI KOMUNITAS (Studi kasus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar) . JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(2), 105-120. https://doi.org/10.46510/jami.v2i2.69