Dampak Kualitas Produk, Pelayanan, Lokasi, serta Store Atmosphere pada Keputusan Pembelian
Abstract
Objektif. Beberapa aspek yang diteliti antara lain kualitas produk, pelayanan, lokasi, store atmosphere, dan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari aspek-aspek tersebut pada keputusan pembelian di Kafe de Classe Gelato and Coffe Blitar. Material and Metode. Sebanyak 100 responden konsumen Kafe de Classe Gelato and Coffe dijadikan sampel melalui penyebaran kuesioner sebagai sumber data. Data kuantitatif yang telah terkumpul selanjutnya dilakukan uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji T, uji F, dan mencari Koefisien Determinasi menggunakan program SPSS. Hasil. Pengujian instrumen menunjukkan bahwa semua item kuesioner valid dan reliabel. Uji asumsi klasik juga menunjukkan data yang dikumpulkan berdistribusi normal, homokedastisitas, serta tidak terdapat multikolinieritas. Uji T dan uji F menunjukkan semua hipotesis diterima. Kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kualitas produk, pelayanan, lokasi, dan store atmosphere kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, kualitas porduk, pelayanan, lokasi, dan store atmosphere secara simultan memiliki pengaruh signifikan pada keputusan pembelian.
Downloads
References
Aprilia, Y., & Suprajang, S. E. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Hotel Sri Rejeki Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 4(2), 135–146. Retrieved from
Arianto, D.P.H.&Satrio, B. (2020). Pengaruh Kualitas produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(6), 1–23.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.
Hidayat, A. (2021). Populasi Adalah Seluruh Subjek Penelitian. In Statistikian. https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-populasi-dan-sampel.html
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Jakarta : PT. Index. Kotler, Philip & Armstrong, Gery. (2011). Marketing an Introduction. Indonesia: Perason. Lemeshow, S., Hosmer Jr, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1990). Adequacy Of Sample Size In Health Studies. New York: World Health Organization.
Rohmawati, I. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Dapurane Tia Kedungadem-Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ISSN 2337- 6708, 07(01).
Romlah, S. (2021). Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). In PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam (Vol. 16, Issue 1, pp. 1–13).
Sanusi, Anwar. (2019). Metodelogi Penelitian. Jakarta:Salemba Empat. Sari, I. & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2), 74–81.
Sarjono, Haryadi & Julianita, Winda. (2013). SPSS vs LISREL. Jakarta:Salemba Empat. Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V.W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing Wahyuningtyas, M., & Sunrowiyati, S. (2018). Analisis Kualitas Produk dan Saluran Distribusi untuk Meningkatkan Penjualan Pada UD Andre Jaya. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN),
3(2), 183–192. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/432
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60
Yusra, I., & Nanda, R. (2020). Pengaruh Kualitas Kualitas produk, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’Poll Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 161. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.173
Copyright (c) 2024 Tanto Askriyandoko Putro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License